Comscore Tracker

5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki Portabel

Bisa digunakan untuk mobil dan motor, lho!

Jakarta, IDN Times - Terdapat dua jenis aki yang biasa digunakan untuk kendaraan, yakni aki kering dan aki basah. Seiring berjalannya pemakaian, daya aki tersebut pasti akan melemah. Tapi kamu jangan langsung terburu-buru mengganti aki soak dengan yang baru.

Sebab kamu bisa mengisi ulang daya aki, hingga terisi penuh lagi. Bahkan, kamu gak perlu bingung untuk mengisi dayanya, karena saat ini sudah tersedia charger aki portabel.

Charger tersebut menawarkan beberapa keunggulan, yang menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan menggunakan charger aki portabel.

1. Menjadi lebih praktis

5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki PortabelIlustrasi charger aki kering (bukalapak.co.id)

Semua barang portabel memang sengaja dirancang untuk memudahkan segala pekerjaan. Maka itu, keuntungan pertama memakai charger aki portabel adalah kepraktisannya. Sebab kamu gak perlu repot-repot lagi melepas aki kendaraan untuk mengecas ulang dayanya.

Terlebih lagi aku mobil memiliki ukuran dan bobot yang cukup besar. Tentu hal ini akan terasa menyulitkan, sehingga kamu membutuhkan tenaga lebih besar lagi untuk mengangkat dan membawanya. Maka itu belilah charger aki portabel biar lebih praktis dan gak merepotkan diri sendiri.

Baca Juga: Step by Step Memasang Aki, Biar ECU Gak Jebol

2. Mudah digunakan di rumah

5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki PortabelCharger aki portabel (shopee.co.id)

Belum terlepas dari kepraktisannya tersebut, charger aki portabel ini juga sangat mudah digunakan saat di rumah. So, kamu gak perlu khawatir dalam pengoperasiannya.

Kamu hanya membutuhkan sumber listrik rumahan atau colokan untuk menggunakan charger ini. Setelah itu, kamu cukup mencolokkan kabelnya, maka komponen ini segera bisa digunakan.

3. Memiliki indikator pengisian

5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki PortabelIlustrasi charger aki portabel (Bukalapak.com)

Charger aki portabel juga menawarkan berbagai fitur yang mempermudah kamu, salah satunya terdapat indikator pengisian aki. Fitur ini bertugas menampilkan informasi terkait baik atau tidaknya kondisi aki. 

Kalau indikator pengisian ditemukan bergerak seperti kamu ketika mengecas baterai ponsel, itu pertanda bahwa aki masih bisa diisi ulang. Nah, indikator ini juga mampu menunjukkan kalau aki yang ingin diisi dayanya ternyata bermasalah.

Hal ini dapat dibuktikan ketika aki dicolok, lampu indikator pengisian tidak bergerak, melainkan hanya menyala penuh. Maka hal ini menunjukkan bahwa aki tersebut sudah gak bisa digunakan lagi dan harus diganti dengan yang baru.

4. Arus listrik otomatis terputus saat pengisian daya sudah penuh

5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki PortabelIlustrasi mengisi day aki (olx.co.id)

Salah satu keistimewaan lainnya dalam penggunaan charger aki portabel ini yaitu, charger akan otomatis cut-off ketika pengisian daya sudah penuh. Sehingga, kamu gak perlu capek bolak-balik dan menunggu untuk memastikan aki sudah terisi penuh atau belum. 

Sebab arus listrik charger akan terputus dengan sendirinya ketika daya sudah terisi penuh. So, kamu gak perlu khawatir kalau aku akan kelebihan daya. Semuanya akan aman-aman saja, sehingga kamu bisa dengan tenang melakukan aktivitas lainnya saat mengecas aki kendaraanmu.

5. Bisa digunakan untuk mobil dan motor

5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki PortabelIlustrasi charger aki kering (lazada.co.id)

Bentuk charger aki portabel cenderung sederhana dan gak ribet. Tapi bisa digunakan untuk berbagai jenis aki, baik mobil maupun motor. Hal ini dikarenakan charger aki portabel tersedia dengan tegangan 6 dan 12 volt untuk pengisian daya aki. Tentu hal tersebut membuat kamu semakin beruntung untuk memilikinya, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aki Motor, Biar Starter Selalu Tokcer 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya