Comscore Tracker

Cara Mudah Memasang Aki, Biar ECU Gak Jebol

Jangan sampai salah mengganti terminal negatif dan positif

Jakarta, IDN Times - Masalah yang kerap muncul pada mobil yang lama tak digunakan adalah aki soak. Masalah ini biasanya terjadi karena mobil tersebut jarang dipanaskan.

Idelnya memanaskan mobil dilakukan minimal dua minggu sekali. Selain agar aki tidak kehabisan setrum, memanaskan mobil juga untuk membuat oli mengalir ke mesin.

Lalu bagaimana jika aki sudah soak atau kehabisan setrum? Berikut lima langkah mudah mengganti aki.

1. Matikan mesin mobil

Cara Mudah Memasang Aki, Biar ECU Gak JebolIDN Times/Dwi Agustiar

Sebelum mengganti aki, langkah pertama adalah mematikan mesin. Pastikan kunci kontak dalam posisi off. Selain untuk mencegah agar kamu tidak kesetrum, mematikan mesin sebelum mengganti aki juga bisa mencegah kerusakan pada Engine Control Unit (ECU). ECU merupakan otak mobil yang mengatur hampir semua aktivitas permesinan dan kelistrikan.

2. Lepaskan terminal negatif pada aki

Cara Mudah Memasang Aki, Biar ECU Gak JebolIDN Times/Dwi Agustiar

Setelah mesin mati, bukalah kap depan mobil. Setelah itu lepaskan terminal negatif dari kepala aki dengan melonggarkan baut pengikatnya.

Setelah terminal negatif terlepas, berikutnya adalah melepas terminal positif dari kepala aki. Pastikan urutannya benar ya, yakni melepas terminal aki negatif terlebih dulu sebelum terminal positif.

3. Pasang aki baru

Cara Mudah Memasang Aki, Biar ECU Gak JebolIDN Times/Dwi Agustiar

Setelah terminal negatif dan positif terlepas, langkah berikutnya adalah mengangkat aki tersebut keluar dari ruang mesin.

Kemudian pasang aki yang baru kamu beli. Setelah itu pasang terminal positif terlebih dahulu. Inget, terminal positif, ya.

Setelah itu baru pasang terminal negatif. Jangan sampai terbalik karena bisa merusak komponen kelistrikan dan bahkan ECU.

Selamat mencoba!

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Ban 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya