Comscore Tracker

6 Mobil Low MPV Terbaru di Indonesia

Yuk, simak berikut ini!

Jakarta, IDN Times – Banyak alasan kenapa mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi primadona di tanah air. Kabin yang luas dan nyaman serta perawatan yang mudah menjadikan mobil satu ini pilihan keluarga Indonesia.

Selain pilihan mobil MPV juga banyak dan dengan rentang harga yang luas, sehingga kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Nah, berikut pilihan mobil MPV terbaru yang bisa kamu pertimbangkan.   

1. Toyota All New Avanza

6 Mobil Low MPV Terbaru di IndonesiaAll New Avanza (toyota.astra.co.id)

Siapa yang tak kenal dengan Toyota Avanza? Mobil low MPV ini dijuluki sebagai mobil sejuta umat karena memang sangat banyak sekali penggunanya. Muncul sejak tahun 2003, Toyota Avanza selalu mengalami perubahan hampir setiap tahunnya. Sehingga kini dikenal dengan istilah All New Avanza untuk keluaran terbarunya.

Nah, saat ini All New Avanza memiliki tipe mesin 4 cylinder inline, 16 Valve DOHC with Dual VVT-i, dengan kekuatan daya maksimum mencapai 14 ps/4.200 rpm. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti Vehicle Stability Control (VSC) yang mampu mendeteksi oversteer, understeer, atau tergelincirnya ban mobil saat berbelok.

Fitur keamanan lainnya yang berada di Toyota All New Avanza adalah Hill Start Assist (HSA), Rear Parking Sensor, dan Isofix yang berperan penting untuk menjaga keselamatan anak-anak.Terdapat dua tipe pada mobil ini yakni Tipe E dengan harga mulai dari Rp233,1 juta. Sedangkan tipe G dibanderol dengan harga lebih mahal, mulai dari Rp255,1 juta per unitnya.

Baca Juga: 3 Mobil MPV dengan Pajak Tahunan Termurah 

2. Suzuki All New Ertiga

6 Mobil Low MPV Terbaru di IndonesiaAll New Ertiga Suzuki Sport FF. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Industri otomotif asal Jepang memang pandai menghasilkan produk dengan harga terjangkau, namun sangat efektif untuk digunakan dalam sehari-hari. Salah satunya mobil All New Ertiga, mobil low  MPV yang juga cocok sebagai mobil keluarga. Kalau dilihat, All New Ertiga memiliki desain lebih mewah dibanding All new Avanza.

Interior mobil ini cukup lengkap karena sudah dibekali fitur fungsional. Seperti entilated cup holder, USB charging port, double blower dan lainnya untuk menunjang mobilitas dinamis.

Keluaran terbaru dari All New Ertiga memiliki mesin bertenaga 1.500 cc dan dilengkapi  fitur keamanan seperti hill hold control, Antilock Braking System (ABS), dan Isofix. Ada tiga model yang dikeluarkan Suzuki untuk All New Ertiga, harganya ditawar mulai dari Rp225,1 juta hingga Rp259,5 juta per unit.

3. Wuling Confero

6 Mobil Low MPV Terbaru di IndonesiaWuling Confero (instagram.com/glenowen.autodesign)

Wuling juga saat ini cukup mendominasi pasar otomotif Indonesia pada golongan low MPV. Apalagi dengan kehadiran Wuling Confero dengan kapasitas mesin sebesar 1.500 cc, tenaga 107 HP pada 5.800 rpm, torsi maksimum mencapai 145 Nm  3.800-4.400 rpm, dan transmisi manual lima-percepatan.

Spesifikasi tersebutlah yang membuat Wuling Confero mampu menyaing mobil low MPV di Indonesia lainnya. Mobil ini memiliki dua tipe yaitu New Confero dan New Confero S yang dihargai mulai dari Rp164.800.000 per unit.

Bagian eksteriornya sangat menarik minat masyarakat, karena grill bagian depannya diliputi nuansa warna hitam. Bahkan lampu utamanya memiliki aksen smoky yang membuat mobil ini jadi lebih kece dan gagah. So, kamu bakal lebih pede ketika menggunakannya.

Gak kalah menakjubkannya, mobil ini memiliki kapasitas hingga delapan orang serta bagasi yang luas lho.

4. All New Xenia

6 Mobil Low MPV Terbaru di IndonesiaDaihatsu All New Xenia hadir di wilayah Semarang, Jawa Tengah. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Rival berat All New Toyota, yakni All New Xenia juga menjadi salah satu pesaing terbesar mobil low MPV. Mobil ini mempunyai kapasitas tujuh penumpang serta menawarkan dua pilihan mesin, yaitu yakni 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i. Bahkan saat ini sudah bertransimsi  Continous Variable Transmission (CVT).

Mesin 1.3 L memiliki daya sebesar 98 ps per 6.000 rpm dengan torsi 122 Nm per 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1.5 L bertenaga 06 ps per 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm per 4.200 rpm. Pada generasi ketiga All New Xenia juga sudah menggunakan penggerak roda depan atau biasa dikenal dengan Front Wheel Drive (FWD).

Kendaraan roda empat ini dilengkapi fitur hampir sama dengan mobil jebolan Daihatsu lainnya. Terdapat fitur A.S.A (Advances Safety Assist), ABS, EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HAS,VSC, ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag. Sementara, untuk harganya mulai dari Rp218,7 juta- Rp275,9 juta per unitnya.

 

5. Mitsubishi New Xpander

6 Mobil Low MPV Terbaru di IndonesiaSeorang konsumen melakukan pemesanan Mitsubishi New Xpander di dealer Sun Star Motor MT Haryono Semarang, Selasa (16/11/2021). (IDN Times /Anggun Puspitoningrum)

Ada pula mobil low MPV dengan desain super gagah dan sporty, yaitu New Xpander yang memiliki electric parking brake pada varian tertingginya. Mobil ini juga mempunyai fitur keselamatan yang sangat menonjol, ABS +EBD with BA, Active Stability Control, dan HAS.

Mesin pada mobil ini 1.5 L MIVEC, DOHC, 16 valve, dan berkapasitas 1.499 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 103 tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm. New Xpander ini dibanderol berkisar Rp253,4 juta-Rp307,1 juta per unit.

6. Hyundai Stargazer

6 Mobil Low MPV Terbaru di IndonesiaHyundai Stargazer dijual mulai Rp243 jutaan (Dok. HMID)

Low MPV selanjutnya berasal dari Korea Selatan, Hyundai Stargazer yang memiliki enam tipe dengan harga jual sekitar Rp243,3 juta-307,1 juta per unit. Mobil ini dilengkapi dengan remote start engine sebagai penghidup mesinnya, serta memiliki empat mode berkendara yang tersedia, mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport.

Mobil ini juga difasilitasi mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm. Salah satu fitur unggulan Hyundai Stargazer ini adalah Connected Car Service Bluelink.

Fitur tersebut merupakan teknologi konektivitas yang memungkinkan pemilik Hyundai untuk terhubung dan memiliki akses penuh ke kendaraannya lewat telepon genggam.

Baca Juga: Bingung Pilih MPV atau SUV? Cek Dulu 4 Poin Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya