Comscore Tracker

Yuk, Kenali Jenis-jenis Sasis Mobil!

Hmm.. ada apa saja ya?

Jakarta, IDN Times – Sama seperti manusia, mobil juga memiliki sebuah kerangka, yang bisa disebut sasis. Kerangka ini berfungsi untuk menopang beragam beban komponen mobil beserta penumpangnya. Maka itu sasis sengaja dibuat dari material khusus yang sangat kokoh.

Tidak semua mobil memiliki bentuk sasis yang sama. Namun setiap sasis sudah pasti mampu memenuhi segala kebutuhan keamanan dan ketahanan kendaraan. So, berikut jenis-jenis sasis mobil yang perlu kamu kertahui.

1. Ladder frame

Yuk, Kenali Jenis-jenis Sasis Mobil!Ilustrasi sasis ladder frame (researchgate.net)

Sasis ladder frame memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu sama seperti tangga. Meski demikian, sasis ini menjadi dasar dudukan mobil, mesin, dan komponen mobil lainnya. Karena itu ladder frame diletakkan di bagian bawah, supaya bisa menopang  komponen-komponen tersebut.

Sasis ini terbuat dari baja simetris berbentuk balok yang diperkuat menggunakan tambahan joint dan crossmember. Bahkan di desain tertentu, sasis ini diperkuat dengan besi menyilang di antara bingkainya. So, sasis ini biasa digunakan pada mobil SUV seperti Toyota Fortuner.

2. Sasis monocoque

Yuk, Kenali Jenis-jenis Sasis Mobil!Ilustrasi sasi monocoque (carsales.com.au)

Selanjutnya, terdapat pula sasis yang dibuat menyatu dengan bodi mobil atau biasa dikenal Sasis monocoque. Nah, pada bagian terluar bodi yang masih terangkap sasis ini, berfungsi sebagai kerangka yang mampi melindungi ruang kabin dari segala benturan.

Sasis monocoque terbuat dari lembaran baja komposit yang menyatu dan diperkuat, hingga dapat dibentuk menjadi kerangka bodi mobil. Salah satu mobil yang menggunakan sasis ini adalah Toyota All New Avanza.

3. Sasis backbone

Yuk, Kenali Jenis-jenis Sasis Mobil!Ilustrasi sasis backbone (spinny.com)

Sasis backbone memiliki bentuk seperti tulang kerangka utama tunggal. Posisinya tampak melintang sepanjang bagian tengah mobil, sehingga bagian belakang dan depan mobil saling terhubung antara satu dengan lainnya.

saksis tunggal, hampir seluruh bagian sasis ini dilengkapi dengan struktur yang kaku, jadi bisa menhan berat kendaraan. Namun sasis backbone ini memiliki biaya produksi lebih tinggi dan memiliki side impact yang cukup buruk.

4. Tubular space frame

Yuk, Kenali Jenis-jenis Sasis Mobil!Ilustrasi sasis tubular space frame (wuling.id)

Selain itu, ada juga tubular space frame yaitu sasis yang memanfaatkan rangkaian pipa baja, lalu dibentuk sesuai konstruksi mobil. Kabarnya, kekuatan sasis ini tergantung dari kualitas tiap sambungan las-nya tersebut.

Namun, sasis ini tetap yang terbaik dari sisi ketahanan beban berat, impact, dan perlindungan kekakuan torsional. Itu lah sebabnya rata-rata mobil balap menggunakan sasis tipe tubular space frame.

5. Sasis aluminium space frame

Yuk, Kenali Jenis-jenis Sasis Mobil!Ilustrasi sasis aluminium space frame (turtlewax.co.id)

Sesuai dengan namanya, sasis aluminium space frame secara keseluruhan terbuat dari material aluminium. Sasis ini hampir sama dengan monocoque, hanya saja sasis tersebut menggunakan baja.

Terdapat salah satu klaim juga yang menyatakan bahwa sasis aluminium space frame lebih ringan dan lebih kaku 40% dibanding rangka monocoque.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya