Comscore Tracker

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022

Rush dan Terios punya banyak perbedaan lho!

Jakarta, IDN Times - Toyota Rush dan Daihatsu Terios kerap kali disebut kembar, karena tidak terlihat perbedaan yang mencolok dari segi fisiknya. Padahal, kedua mobil asal Jepang ini tidak semuanya sama lho, khususnya pada keluaran tahun 2022.

Toyota Rush dan Daihatsu Terios sejak dulu telah hadir untuk berkompetisi dalam meraih minat masyarakat. Lantas, apa saja perbedaan di antara keduanya, yuk simak berikut ini!

Baca Juga: Hyundai Alcazar Meluncur, Honda CRV dan Toyota Rush Terancam!

1. Jumlah varian berbeda

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022carusermagz.com

Perbedaan mendasar antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios terletak dari beberapa variannya. Pada tahun 2022 ini, Rush hadir dengan empat varian yakni 1.5 G MT, 1.5 G AT, 1.5 S MT GR Sport, dan 1.5 S AT GR Sport.

Sedangkan Terios hadir dengan sembilan varian, mulai dari R AT Custom IDS, R MT Custom IDS, R AT DLX IDS, R AT IDS, R MT DLX IDS, R MT IDS, X AT DLX IDS, X MT DLX IDS, dan X MT IDS.

2. Memiliki eksterior yang berbeda

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022Website

Sekilas tidak tampak perbedaan di antara dua mobil ini. Namun, secara detail eksterior mobil cukup membedakan satu sama lain. All New Toyota Rush mempunyai aksen krom yang minim, tapi peleknya berdesain lebih dinamis dengan adanya paduan dua warna two tone.

Sedangkan All New Terios dengan varian tertinggi, justru lebih menimbulkan aksen krom mulai bagian depan hingga belakang.

Rush hadir dengan enam warna pilihan yakni White, Silver Mica Metallic, Bronze Mica Metallic, Black Mica, Dark Red Mica Metallic, dan Deep Maroon Mica. Sementara Terios tersedia warna Bronze Metallic, Classic Silver, Midnight Black, Icy White, Purple Metallic, dan Scarlet Red Metallic.

3. Berbeda dari sisi interior

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022Ilustrasi interior Toyota Rush 2022 (toyotamakassarta.com)

Kedua mobil ini memang sama-sama berfasilitas jok tiga baris dengan daya tampung tujuh penumpang. Tapi, kita masih bisa menemukan perbedaan lainnya di dalam kabin atau interior kedua mobil ini.

Pada dasarnya, Rush memang dirancang untuk mengutamakan kenyamanan. Maka itu, jok di baris keduanya sudah dilengkapi dengan headreast, yang mampu memberi rasa nyaman pada penumpang dalam waktu tempuh yang cukup lama.

Komponen yang tidak dimiliki oleh Terios ini juga bisa mengurangi risiko atau melindungi penumpang dari cedera leher, ketika terjadi benturan dari arah depan.

4. Fitur keselamatan

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022Airbag mobil (HeartApps)

Baik Rush maupun Terios sudah memiliki fitur keselamatan yang memumpuni, apalagi pada varian tertingginya. Kedua kendaraan ini telah dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal, serta dual SRS Airbag.

All New Rush mempunyai enam airbag termasuk di sisi kabin, yang artinya lebih lengkap dibanding All New Terios. Rush juga sudah dilengkapi dengan indikator penggunaan safety belt di sebelahnya bagi pengemudi dan seluruh penumpangnya.

5. Berbeda dari segi harga

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022PT Astra Daihatsu Motor

Meskipun tampil kembar, tentu terdapat perbedaan pada harganya juga. All New Rush ditawarkan dengan harga lebih tinggi, karena sudah memiliki fitur yang lebih lengkap. Mobil ini dijual dengan harga on the road (OTR) Jakarta mulai dari Rp277,6 juta untuk varian terendah hingga Rp301 juta untuk varian tertinggi.

Sementara Terios dibanderol dengan harga OTR Jakarta berkisar Rp232,3 juta pada varian terendah hingga Rp 287,4 juta pada varian tertinggi.

6. Performa mesin

Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022Toyota Rush 2022 (tunastoyota.com)

Terkait performa mesin, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Sebab, kedua mobil ini dibekali dengan mesin berkode 2NR-VE. Mesin ini mempunyai konfigurasi 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, dan memiliki kapasitas 1.500 cc. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan dapat mencapai 103 hp pada putaran mesin 6.000 rpm.

Selain itu, torsi maksimum mampu mencapai 136 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga tersebut diberi ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 5 percepatan, dan ada opsi sistem transmisi otomatis 4 percepatan.

Baca Juga: Fitur-fitur Keselamatan Daihatsu All New Terios

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya