Comscore Tracker

Ini Ciri-Ciri Mobil Bekas Kecelakaan

Jangan sampai kamu rugi, ya!

Jakarta, IDN Times - Saat kamu akan membeli mobil, terutama mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Sebab tak jarang mobil bekas yang dijual adalah mobil bekas kecelakaan, entah itu kecelakaan ringan ataupun parah.

Hal ini tak jarang ditutupi oleh penjual mobil. Mereka tidak jujur menjabarkan kondisi mobil, semata demi keuntungan besar. Kondisi ini pun agak menjengkelkan, karena harus ada biaya restorasi yang harus dikeluarkan setelah membeli mobil.

Agar kamu terhindar dari hal tersebut, berikut adalah ciri-ciri dari mobil bekas kecelakaan. Kenali dengan saksama agar kamu tidak kecewa nantinya.

1. Kaca mobil sudah tidak orisinal

Ini Ciri-Ciri Mobil Bekas Kecelakaanilustrasi kaca mobil berjamur. (auto2000.co.id).

Satu ciri yang bisa dilihat dari mobil bekas kecelakaan adalah kondisi kacanya. Jika kondisi kaca mobil sudah tidak presisi, biasanya itu adalah kaca baru yang dipasang untuk mengganti kaca lama yang rusak. Kaca macam ini bakal menimbulkan masalah.

Misal, saat mobil digunakan dalam kondisi hujan, air bisa merembes masuk lewat celah-celah kaca. Selain itu, kaca juga akan mudah rusak. Alhasil, saat akan beli mobil baru, coba cek merk dan kode produksi kaca mobil. Pastikan semuanya sama, karena jika tidak, ada kemungkinan kaca sudah diganti.

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

2. Bodi mobil bergelombang dan terasa limbung jika dikendarai

Ini Ciri-Ciri Mobil Bekas KecelakaanPixabay/Free-Photos

Ciri selanjutnya dari mobil bekas kecelakaan adalah bodi yang terlihat bergelombang. Hal ini merupakan efek dari perbaikan bodi yang tidak maksimal. Alhasil, perhatikan bekas perbaikan di bodi seperti dempul yang tebal atau panel bodinya.

Selain itu, saat bodi mobil terasa tidak stabil saat dikendarai, bisa jadi itu adalah ciri dari bodi mobil bekas kecelakaan. Saat akan beli mobil bekas, coba tes mobil tersebut dan pacu kecepatannya hingga 60 km/jam. Jika terasa bergoyang, berarti itu adalah mobil bekas kecelakaan.

3. Celah bumper renggang dan warna cat belang

Ini Ciri-Ciri Mobil Bekas KecelakaanIlustrasi coating mobil (Dok. Autoglaze)

Ciri-ciri lain dari mobil bekas kecelakaan adalah celah bumper yang renggang dan warna cat yang belang. Ketika jarak dari bumper ke ban renggang, bisa jadi mobil pernah mengalami kecelakaan yang parah dan tidak diperbaiki dengan baik.

Selain itu, ketika ada warna cat mobil yang belang, bisa jadi ini adalah ciri dari mobil bekas kecelakaan. Warna belang ini merupakan tanda bahwa mobil pernah dipoles ulang pada bagian tertentu. Hal ini semata untuk menghemat biaya proses pengecatan mobil yang mahal.

4. Hati-hati rangka mobil yang miring

Ini Ciri-Ciri Mobil Bekas KecelakaanIlustrasi perawatan mobil di bengkel (Dok. Autoglaze)

Rangka mobil yang miring juga bisa jadi ciri dari mobil bekas kecelakaan. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, karena body roll pasti akan sangat terasa sekali.

Alhasil, saat akan membeli mobil bekas, jangan cuma melihat baret atau penyok di bodi mobil. Cek rangka mobil, dengan cara mengecek kolong mobil, ruang mesin, dan bagasi. Jika ada bekas las di situ, alangkah baiknya batalkan pembelian, karena sudah pasti itu adalah mobil bekas kecelakaan.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Gak Merongrong Tabungan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya