Comscore Tracker

Keuntungan Naik Mobil Listrik, Salah Satunya Bebas Ganjil Genap

Jadi lebih bebas bepergian!

Jakarta, IDN Times - Mobil litrik memang menggiurkan. Selain desainnya yang sangat futuristis, biaya operasional mobil listrik juga lebih hemat. Sebab harga mengisi ulang baterai mobil listrik tidak semahal harga bensin.

Selain itu masih banyak keuntungan lain yang akan kamu dapatkan jika menggunakan mobil listrik. Nah, berikut beberapa keuntungan menggunakan mobil listrik.

1. Bebas aturan ganjil genap

Keuntungan Naik Mobil Listrik, Salah Satunya Bebas Ganjil Genapilustrasi kemacetan (pexels.com/Alexander)

Tujuan diberlakukannya ganjil genap untuk mengurangi pencemaraan udara yang sangat parah dan kemacetan. Karena mobil listrik tidak menyebabkan polusi udara maka dibebaskan dari aturan ganjil genap.

Ini merupakan upaya pemerintah agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan mobil listrik. Sehingga, pemilik mobil tidak perlu khawatir dengan adanya peraturan ganjil genap dan lebih leluasa untuk bepergian saat melintasi ruas jalan Jakarta yang sedang menerapkan aturan tersebut.

Tapi tujuan dari pemberlakuan ganjil genap lainnya adalah menghindari kemacetan. Jadi tidak menutup kemungkinan jika pengguna mobil listrik sudah membludak, maka akan diberlakukan ganjil genap untuk mobil listrik.

Baca Juga: 3 Mobil Listrik DFSK Bakal Meluncur di Indonesia Tahun Depan

2. Bebas pajak balik nama

Keuntungan Naik Mobil Listrik, Salah Satunya Bebas Ganjil Genapilustrasi bayar pajak (IDN Times/Aditya Pratama)

Bebas pajak balik nama kendaraan juga akan didapatkan oleh pengguna mobil listrik. Kebijakan ini diumumkan seiring berlakunya UU No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah atau UU HKPD.

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

3. Ramah lingkungan

Keuntungan Naik Mobil Listrik, Salah Satunya Bebas Ganjil GenapIluustrasi mobil listrik ramah lingkungan (pexels.com/Garvin)

Kadar emisi yang dihasilkan mobil listrik sangat rendah jika dibandingkan mobil konvensional yang banyak digunakan sehari-hari di jalanan. Hal ini menjadikan mobil listrik lebiih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

4. Spare part lebih sedikit

Keuntungan Naik Mobil Listrik, Salah Satunya Bebas Ganjil Genapilustrasi mobil listrik (pexels.com/Mike B)

Mobil listrik sama halnya dengan mobil konvensional yang lain, mobil listrik juga membutuhkan perawatan rutin. Namun, untuk perawatannya terbilang lebih murah karena jumlah spare part atau suku cadang lebih sedikit. Bahkan beberapa perusahaan mobil malah memberikan layanan service gratis.

Bagaimana, menarik bukan? Dengan kelebihan yang sudah dijelaskan. Mobil listrik patut jadi pertimbangan kendaraan yang wajib dimiliki pastinya.  

Penulis : Tasqiya Ratnasari

Baca Juga: Mobil-mobil Imut di Bawah Rp100 Juta

Topic:

  • Bella Manoban
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya