Comscore Tracker

Sparepart Mobil: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya 

Banyak jenis dan manfaatnya

Jakarta, IDN Times - Sebuah benda umumnya terdiri dari berbagai jenis komponen yang menyusunnya, termasuk kendaraan. Kendaraan motor dan mobil memiliki komponen penyusun yang sering disebut sebagai sparepart.

Sparepart merupakan komponen yang penting dalam kendaraan agar mobil bisa berfungsi. Lalu, apa saja jenis dan manfaat lainnya dari sparepart? IDN Times akan membahasnya di bawah ini.

1. Apa itu sparepart?

Sparepart Mobil: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Sparepart kendaraan (Pixabay/ Counselling)

Sparepart adalah komponen yang dapat dirakit menjadi kesatuan dan memiliki fungsinya masing-masing. Satu sparepart dapat mempengaruhi kerja sparepart lainnya. Dalam satu mobil saja, ada ratusan sparepart penyusunnya.

Sparepart dalam kendaraan banyak jenisnya dan akan sangat mempengaruhi kinerja kendaraan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis sparepart agar bisa berfungsi secara maksimal.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Suku Cadang Motor Asli

2. Jenis sparepart

Sparepart Mobil: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya IDN Times/Muhamad Iqbal

Sparepart umumnya dijual bebas di pasaran dan dapat dengan mudah ditemukan. Maka dari itu, berdasarkan jenisnya, sparepart dibagi menjadi:

  • Orisinil: produk sparepart asli biasanya dikenal dengan istilah Original equipment manufacturer atau OEM. Jenis ini memiliki kualitas yang bagus dan memiliki standar yang tinggi.
    Produk orisinil bisa saja langsung dibuat oleh manufaktur tersebut atau menunjuk perusahaan lain, tetapi masih dengan standar yang sudah ditentukan.
  • Non-pabrikan atau aftermarket: istilah ini mengacu pada perusahaan yang membuat atau memproduksi onderdil untuk keperluan hobi, kustomisasi, balap dan berbagai keperluan lainnya.
    Produk non-pabrikan ini bisa saja memiliki kualitas yang baik karena biasanya sudah memiliki lisensi dari manufaktur aslinya untuk membuat onderdil yang sesuai.
  • KW: produk ini biasanya merupakan produk palsu yang tidak diproduksi oleh perusahaan manufaktur ataupun mendapatkan lisensi dari produsen aslinya. Maka dari itu, kualitas produk KW tentunya diragukan dan kemungkinan dapat membahayakan kendaraan.

Baca Juga: 8 Komponen Penting di Balik Kap Mobil yang Wajib Diperhatikan

3. Manfaat rutin merawat sparepart

Sparepart Mobil: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Ilustrasi servis kendaraan (snapp.cc)

Melakukan perawatan pada kendaraan penting agar mobil terhindar dari kerusakan dan kondisi sparepart ataupun kendaraan tetap prima. Maka dari itu, perawatan rutin perlu dilakukan.

Perawatan juga dapat mendeteksi hal yang tidak sesuai dari kendaraan dan dapat segera dilakukan perbaikan.

Jika perawatan jarang dilakukan, bisa saja sistem pengereman mobil menjadi jelek, oli mesin sedikit, rusaknya karet wiper kaca dan berbagai kerusakan lainnya. Hal ini tentunya akan membuat kendaraan tidak nyaman untuk digunakan.

4. Daftar sparepart mobil

Sparepart Mobil: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Aki mobil (groupon.ae)

Meskipun dalam satu kendaraan terdiri dari hingga ratusan sparepart, ada baiknya mengetahui beberapa sparepart yang memiliki fungsi krusial bagi kendaraan. 

Dengan mengetahui beberapa daftar sparepart di bawah ini, kamu bisa dengan rutin merawat sparepart ini sendiri.

  • Oli mesin dan filter oli: fungsi utama oli adalah untuk melumasi kendaraan. Sedangkan filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran yang dihasilkan dari gesekan mesin. Kedua komponen ini disarankan untuk diganti secara rutin tiap 1.000 km.
  • Filter udara: sparepart ini berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari jalanan. Jika kondisi filter udara tidak terawat, maka kotoran tersebut dapat menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Hal ini dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
  • Busi: sparepart ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Busi yang tidak terawat akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.
  • Aki: sparepart yang satu ini memiliki fungsi yang sangat krusial agar kendaraan bisa menyala. jika aki tidak dalam kondisi yang optimal, maka tidak akan ada pasokan ke tenaga sistem kelistrikan mobil.
  • Filter AC: sparepart ini berfungsi untuk membuat suhu dalam kabin menjadi sejuk. Filter AC yang tidak dirawat akan membuat AC tidak berfungsi dengan optimal dan lama kelamaan akan rusak.
  • Kampas rem: ketebalan dari kampas rem perlu diperhatikan. Ciri kerusakan dari kampas rem yaitu timbulnya suara decitan dan pedal rem sudah dalam saat dipijak.

Nah, itu dia informasi penting mengenai sparepart mobil, jenis-jenisnya, manfaatnya, serta beberapa daftar sparepart yang penting untuk diketahui dan dirawat secara berkala.

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Baca Juga: Tips Menjaga Performa Mesin Mobil 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya