Comscore Tracker

Perpres Mobil Listrik Berlaku 2021, PLN Siapkan Infrastruktur

Target para investor adalah 2020

Jakarta, IDN Times - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan ada setidaknya empat investor yang tertarik berinvestasi pada mobil listrik di Indonesia. Peraturan Presiden (Perpres) tentang mobil listrik ditargetkan mulai berlaku 2021.

"Kuota nanti tergantung pada investasi. Ini akan diberikan pada mereka yang sudah komit melakukan investasi. Sekarang yang sudah ada 3 sampai 4 principal sudah menyatakan minat masuk ke electric vehicle," jelas Airlangga di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/8).

1. Target investasi dari investor pada 2022

Perpres Mobil Listrik Berlaku 2021, PLN Siapkan InfrastrukturUnsplash/Erik Mclean

Sebelum regulasi mobil listrik berjalan pada 2021, pemerintah akan memberikan waktu kepada industri yang ingin berinvestasi. Menurut dia, para investor yang telah berkomitmen berikan investasi mobik listrik menargetkan pada 2022.

"Mereka semua targetnya 2022," ujar Airlangga.

Baca Juga: Airlangga: Perpres Mobil Listrik Berlaku Pada 2021

3. PLN dan Pertamina akan siapkan infrastruktur mobil listrik

Perpres Mobil Listrik Berlaku 2021, PLN Siapkan Infrastrukturwww.carmudi.co.id

Berkaitan dengan infrastruktur mobil listrik, Airlangga menyebut pemerintah tengah mematangkannya. Infrastruktur mobil listrik akan disiapkan oleh PLN dan Pertamina.

"Dipersiapkan ada yang oleh PLN, Pertamina," ungkap dia.

3. Regulasi Perpres mobil listrik akan berlaku pada 2021

Perpres Mobil Listrik Berlaku 2021, PLN Siapkan InfrastrukturDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Sebelumnya, Airlangga menyampaikan seluruh perkembangan teknologi sudah diadopsi oleh pemerintah. Regulasinya, lanjut dia, akan berlaku mulai tahun 2021.

"Kita memberikan waktu pada industri 2-3 tahun untuk investasi. Dalam Perpres juga diatur TKDN-nya (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sampai 2023 itu kira-kira 35 persen. Diharapkan dengan demikian ini bisa mendorong ekspor ke Australia," tutur Airlangga.

Baca Juga: Soal Perpres Mobil Listrik, Jokowi: Belum Sampai ke Meja Saya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya