Comscore Tracker

3 Alasan Kenapa Pesona Mobil Diesel Gak Pernah Memudar

Lebih tangguh dan irit!

Jakarta, IDN Times - Pesona mobil diesel ternyata tak pernah memudar. Terbukti sampai saat ini masih ada pabrikan yang menelurkan mobil penenggak solar. Bahkan, mobil diesel kini tengah berkibar di dunia SUV. Sebut saja Toyota Fortuner, Pajero Sport dan Chevrolet Captiva.

Lalu, apa sih keunggulan mobil diesel dibandingkan mobil bensin?

1. Mesin diesel lebih tangguh

3 Alasan Kenapa Pesona Mobil Diesel Gak Pernah MemudarIDN Times/Dwi Agustiar

Salah satu rahasia kenapa Isuzu Panther masih banyak berkeliaran meski usianya sudah sepuh adalah karena mesinnya yang bandel alias tangguh.

Selain Panther, mobil diesel yang masih banyak wara-wiri di jalan adalah Toyota Kijang LGX dan Mitsubishi L300. 

Mesin diesel memang dikenal tangguh, lebih tanggung dari mesin bensin. Sebab tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin, karena itu diperlukan bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi dan material yang sangat kuat untuk membuat mesin diesel.

Itu sebabnya mobil-mobil bermesin diesel biasanya lebih mahal dibandingkan mobil bensin untuk varian yang sama. Sebab bahan baku untuk pembuatan mesinnya memang berbeda.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Bersihkan Jok Mobil yang Berbahan Beludru

2. Torsi lebih melimpah dibandingkan mesin bensin

3 Alasan Kenapa Pesona Mobil Diesel Gak Pernah MemudarIDN Times/Dwi Agustiar

Keunggulan mesin diesel lainnya adalah torsi yang melimpah. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam. 

Dengan torsi yang melimpah, pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk menjalankan mobil. Torsi melimpah ini pula yang membuat kenapa mobil diesel lebih enak di ajak ke pegunungan dibandingan mobil-mobil bermesin bensin.

3. Mobil diesel irit bahan bakar

3 Alasan Kenapa Pesona Mobil Diesel Gak Pernah MemudarInstagram/@agungfatma

Karena tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk membuat mobil melaju, maka mobil diesel otomatis lebih irit dibandingkan mesin bensin. 

Itu sebabnya kenapa mesin diesel lebih banyak diaplikasikan ke kendaraan komersial seperti bus dan truk dibandingkan mesin bensin. Karena lebih irit dan lebih tangguh.

Baca Juga: 5 Mobil Diesel Legendaris di Indonesia, Masih Eksis Hingga Kini!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya