Comscore Tracker

Anti Nyasar di Jalan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Waze

Ada aplikasi GPS untuk pecinta alam juga

Jakarta, IDN Times – Malu bertanya, sesat di jalan. Begitu kata pepatah zaman old. Kini pepatah tersebut sepertinya tak relevan lagi. Sebab sudah ada alat bernama global positioning system (GPS).

Dengan alat ini kamu bisa mengetahui posisi mu, tujuan perjalanan, rute, dan bahkan estimasi waktu untuk sampai di tujuan. Hebat banget, kan.

Dua aplikasi navigasi yang sangat populer saat ini adalah Google Maps dan Waze. Namun selain dua aplikasi tersebut, ada aplikasi-aplikasi navigasi lain yang bisa kamu coba loh. Berikut beberapa di antaranya.

1. HERE WeGo

Anti Nyasar di Jalan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Wazeandroidpit.com

Aplikasi ini memiliki penampilan (User Interface) yang sangat sederhana dengan opsi pemetaan seluruh dunia. Simpel namun justru karena itu aplikasi ini mudah digunakan.

Tak hanya itu, HERE WeGo juga memiliki fitur yang tak banyak dimiliki oleh aplikasi navigasi lainnya, yaitu mampu menunjukkan model gedung secara 3D yang ada di sekitar mu. Selain itu kamu juga bisa memesan taksi yang ada di kota mu. Menarik juga ya!

Baca Juga: Viral Foto Pocong di Google Maps, Begini Cara Mengecek Keasliannya

2. View Ranger

Anti Nyasar di Jalan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Wazesnewsnet.com

Nah, aplikasi yang satu ini agak berbeda dengan aplikasi GPS lainnya karena aplikasi ini diciptakan khusus buat kamu yang hobi menjelajah alam.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat merekam jalur perjalanan yang telah kamu dilalui atau yang baru direncanakan sehingga akan mengurangi resiko tersesat saat di hutan atau pegunungan.

Rute yang dibuat tadi juga bisa kamu bagikan secara online agar dapat digunakan oleh orang lain yang berkunjung ke tempat yang sama denganmu.

Sisanya, aplikasi ini sama seperti aplikasi navigasi lainnya yang sama-sama dapat digunakan sebagai petunjuk arah dengan panduan rute di berbagai dunia, baik online maupun offline.

3. Polaris Ride Command

Anti Nyasar di Jalan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan WazeGoogle Playstore

Aplikasi ini sepertinya adalah salah satu aplikasi navigasi all-in-one karena memiliki akses ke beberapa aplikasi navigasi lainnya seperti Google Maps, OsmAnd (Open Street Map & Navigation), dan MapQuest. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan ke sesama pengguna aplikasi ini.

Tak hanya sebagai petunjuk arah jalan, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti aplikasi View Ranger yang dapat digunakan saat ingin mendaki gunung, berkemah, memancing, dan hal lainnya yang berkaitan dengan alam.

Oh ya, nama Polaris ini sebenarnya salah satu brand otomotif offroad dan kendaraan salju lho, jadi kalau kamu punya kendaraan dari produsen ini, kamu juga bisa cek perawatan kendaraanmu melalui aplikasi ini.

4. Sygic

Anti Nyasar di Jalan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Wazehelp.sygic.com

Aplikasi ini cukup populer karena mampu memberikan fitur HUD (Head Up Display) layaknya di mobil-mobil mewah. Aplikasi ini juga mampu menampilkan lokasi pada peta secara 3D, termasuk model-model gedungnya.

Sygic juga mampu memberikan petunjuk arah dengan model street view, jadi kamu dipandu berdasarkan pemetaan sesuai gambar asli yang ada di dunia nyata.

Untuk sistem kerjanya, aplikasi ini juga tentunya mirip dengan aplikasi navigasi yang lain, yaitu menunjukkan belokan demi belokan, speed limit, rute alternatif, dan voice guidance.

Aplikasi navigasi Sygic adalah yang paling canggih di antara aplikasi navigasi lainnya yang dapat kamu unduh secara gratis, meski untuk mencapai fitur tertentu kamu perlu tetap membayar.

5. MAPS.ME

Anti Nyasar di Jalan, Ini Aplikasi GPS Selain Google Maps dan Wazexatakamovil.com

Aplikasi satu ini pada dasarnya tidak memiliki perbedaan apa pun dalam sistem kerjanya, sama-sama hanya menampilkan arah dan tujuan yang dituju, belokan demi belokan.

Tampilan aplikasinya pun mirip dengan Google Maps, dan juga dapat digunakan secara offline setelah kita mengunduh peta yang diinginkan.

Di antara semua aplikasi, sepertinya yang satu inilah yang paling sederhana. Benar-benar paling mirip dengan Google Maps.

Baca Juga: Viral Foto Pocong di Google Maps, Begini Cara Mengecek Keasliannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You