Comscore Tracker

Biar Tidak Jamuran, Ini 3 Tip Merawat Sunroof atau Panoramic Roof

Percuma kan kalau punya sunroof tapi berjamur

Jakarta, IDN Times – Salah satu fitur terkeren yang ada di mobil adalah sunroof. Sebab kehadiran sunroof bisa membuat kita bisa menikmati indahnya langit sekaligus merasakan sejuknya udara saat berkendara di daerah dataran tinggi atau pantai.

Namun di balik kelebihannya, ternyata sunroof memiliki kekurangan, yakni mudahnya diserang jamur. Ini terjadi karena sunroof berada di bagian atas yang merupakan pelindung penumpang dari hujan dan panas.

Berikut ini cara merawatnya supaya tetap mulus dan terhindar dari jamur membandel.

1. Rutin bersihkan kaca

Biar Tidak Jamuran, Ini 3 Tip Merawat Sunroof atau Panoramic Roofgeico.com

Agar tetap bisa menikmati suasana luar dengan nyaman, jagalah kebersihan kaca dari jamur, yaitu secara rutin dibersihkan menggunakan cairan khusus kaca. Jangan sampai ada endapan air setelah dilakukan pencucian mobil.

Baca Juga: 6 Mobil dengan Sunroof Murah di Indonesia, Serasa Mobil Mewah!

2. Bersihkan segala kotoran pada karet

Biar Tidak Jamuran, Ini 3 Tip Merawat Sunroof atau Panoramic Roofhondaofseattle.com

Biasanya, akan terdapat banyak debu ataupun dedaunan pada bagian karet di atap mobil, termasuk pada sunroof atau panoramic roof.

Untuk mencegah jamur, rajinlah membersihkan kotoran yang menempel di karet sunroof dan talang airnya. Kotoran bisa menghambat pergeseran kaca saat kamu pencet buka-tutupnya. Bila perlu gunakan cairan khusus yang sekaligus melindungi karetnya agar tidak cepat mengeras dan keropos.

3. Beri pelumas pada rel

Biar Tidak Jamuran, Ini 3 Tip Merawat Sunroof atau Panoramic Roofvwgenuineparts.co.uk

Gunakan pelumas atau grease pada sliding rail secara teratur, setidaknya enam bulan sekali supaya kerja rel tetap optimal dan agar tidak ada bunyi kasar.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perempuan Harus Bisa Menyetir Mobil

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You