Comscore Tracker

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatian

Ada yang siap produksi, ada yang masih konsep

Jakarta, IDN Times – Pagelaran Tokyo Motor Show 2019 yang diadakan pada 24 Oktober hingga 4 November 2019 menjadi panggung bagi para produsen otomotif dalam menunjukkan produksi kendaraan dengan teknologi terbarunya.

Salah satu jenis kendaraan yang ikut unjuk gigi dalam ajang ini adalah mobil-mobil kompak, atau mobil yang diciptakan berukuran minimalis. Berikut adalah daftar mobil kompak dari berbagai produsen yang ada di Tokyo Motor Show 2019.

1. Honda Fit/Jazz

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatiancar-moby.jp

Menjadi mobil andalan Honda hampir di beberapa negara di dunia, akhirnya Honda Fit hadir dengan versi terbarunya. Banyak yang bilang bahwa Honda Fit sekarang jauh berbeda dengan versi sebelumnya karena terlihat lebih imut.

Jelas saja, keimutannya tersebut langsung terlihat saat memerhatikan bagian depan mobil yang sengaja dibuat menyerupai Anjing Shiba Inu. Melansir Antara, desainnya ini juga telah dikonfirmasi oleh Chief Enginer Product Planning Division Honda Motor, Takeki Tanaka.

Selain desain, Honda Fit juga sekarang sudah menjadi mobil hybrid dengan dua mesin penggerak, yakni mesin bensin dan motor listrik.

Baca Juga: Industri Otomotif Jepang Jawab Kritikan Dunia di Tokyo Motor Show 2019

2. Honda e

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatianhonda.co.uk

Setelah sebelumnya tampil perdana di Frankfurt Motor Show 2019, Jerman pada September lalu, Honda e tampil untuk kedua kalinya di ajang Tokyo Motor Show pada Oktober hingga November nanti. Mobil ini adalah mobil yang sepenuhnya bertenaga listrik.

Honda e mengusung konsep desain yang ‘unyu’ atau imut banget, dan bisa terbilang sangat sederhana. Meski begitu, di balik kesederhanaannya ini ada segudang teknologi canggih seperti spion menggunakan kamera, layar 16 inci pada dasbor yang berfungsi sebagai infotainment, juga mesin bertenaga lumayan besar.yang mampu berakselerasi dari 0-100 km/h dalam 8 detik.

3. Suzuki Waku SPO Concept

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatiancarsales.com.au

Yap, mobil ini adalah salah satu yang paling banyak bocorannya di dunia maya sesaat sebelum tampil di pagelaran TMS 2019, sebab bentuk mobil ini cukup menarik perhatian karena desainnya bergaya retro dan tidak terlalu spesial, namun memiliki banyak sekali detail sentuhan futuristik seperti bodinya terutama pada spion yang sudah menggunakan kamera, lampu depan dan belakang, pelek, juga interior.

4. Suzuki Hustler Concept

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatiancaranddriver.com

Tanpa basa-basi, setelah sukses dengan SUV New Jimny, Suzuki mengeluarkan mobil yang digadang sebagai compact SUV paling kecil yang pernah diproduksi olehnya, yakni Suzuki Hustler Concept.

Tahu bagaimana bentuk Suzuki Karimun kan? Yes, secara bentuk mobil ini kira-kira memiliki bentuk yang sama, kotak dan memanjang, namun diberikan beberapa sentuhan garang layaknya mobil SUV offroad berbadan besar. Mobil ini diciptakan menggunakan platform yang digunakan Suzuki pada mobil Kei-car (LCGC).

Tak banyak informasi terkait mobil ini, namun melansir dari laman Car and Driver, mobil ini akan dibekali mesin bensin berkapasitas 660 cc sesuai standar mobil LCGC di Jepang. Uninya, meski masuk dalam kelas LCGC, interior Hustler Concept terbilang cukup mewah da sangat menggoda. Banyak sekali detail yang tak dimiliki oleh mobil lainnya terutama pada dasbor.

5. All New Toyota Yaris

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatiancarmagazine.co.uk

Nah, kalau di Indonesia, ini adalah saingan terberat dari Honda Jazz. Toyota juga meluncurkan versi terbaru dari Toyota Yaris pada Tokyo Motor Show 2019. Sama seperti si Jazz/Fit, Toyota Yaris generasi baru juga mengusung tema kendaraan hybrid sehingga lebih ramah lingkungan.

Dari sektor bodi, Yaris sekarang memiliki tampilan lebih elegan dan sporty dibanding Yaris yang ada di Indonesia. Desain sporty ini diperkuat dengan bodykit yang cukup lebar, penggabungan dua warna, yakni warna merah untuk warna dasar mobil dan hitam pada bagian atap, juga pelek alloy yang dibalut warna krom dan hitam. Tak lupa, seperti mobil Toyota terbaru lainnya, Yaris ini sudah mengusung platform bodi TNGA sehingga lebih stabil dan nyaman dikendarai.

6. Toyota Ultra Compact BEV

Tokyo Motor Show 2019: Ini Deretan Mobil Mungil Pencuri Perhatianglobal.toyota

Termasuk dalam jajaran mobil masa depan yang diusung Toyota, mobil ini merupakan mobil yang memiliki ukuran sangat kecil dibandingkan mobil pada umumnya, sesuai namanya ‘Ultra Compact’.

Toyota Ultra Compact BEV adalah mobil yang sudah sepenuhnya ditenagai oleh listrik melalui baterai, tanpa ada dorongan dari mesin bensin. Mobil ini mampu berjalan sejauh 100 km dan menempuh kecepatan maksimal 60 km/h. Untuk pengisian daya baterai, mobil super kecil membutuhkan sekitar 5 jam agar dapat terisi penuh.

Baca Juga: Toyota Usung Perusahaan Mobilitas di Tokyo Motor Show 2019

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya