Comscore Tracker

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi Kenangan

Wah bakal kangen nih makainya

Jakarta, IDN Times - Beberapa tahun lalu kamera belakang serta sensor parkir cuma ada di mobil-mobil mewah. Tapi teknologi berkembang, penerapannya pun semakin murah, sehingga kini dua fitur tersebut bisa kamu temukan di mobil-mobil entry level.

Bahkan kamera mundur dan sensor parkir kini tak lagi terlihat canggih. Yup, akselerasi teknologi memang sering kali membuat apa yang canggih hari ini menjadi kuno esok hari. Sebab fitur-fitur baru terus bermunculan, membuat fitur-fitur lama semakin terasa usang sebelum akhirnya ditinggalkan.

Nah berikut fitur-fitur mobil yang segera atau malah telah menjadi kenangan.

1. Anak kunci

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi KenanganMitsubishi Indonesia

Keberadaan anak kunci saat ini mulai ditinggalkan menyusul hadirnya teknologi Keyless System. Fitur baru ini memungkinkan pengendara tak perlu lagi membawa-bawa anak kunci. Sebab, untuk menghidupkan mobil, cukup dengan hanya menekan tombol.

Selain itu membuka-tutup pintu mobil pun kini cukup dengan memencet tombol tanpa perlu lagi memutar anak kunci. Fitur Keyless System ini selain memudahkan, juga meningkatkan keamanan mobil lho.

Baca Juga: Mobil Sering Parkir di Luar? Lakukan 3 Hal Ini Biar Catnya Gak Kusam

2. Teknologi idle

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi KenanganIDN Times/Dwi Agustiar

Masih banyak pengguna mobil yang terbiasa dengan sistem 'idle' atau keadaan di mana mobil masih dalam kondisi hidup namun tidak menginjak gas. Akan tetapi sudah ada beberapa mobil yang kini menganut teknologi 'start-stop'.

Sistem ini secara otomatis akan mematikan mesin saat mobil berhenti dan akan kembali menghidupkan mesin ketika pedal gas diiinjak. Fitur ini selain bisa menghebat bahan bakar juga bisa mengurangi gas buang. Lebih ramah lingkungan.

3. Mesin naturally aspirated

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi Kenanganwww.otomart.id

Beberapa kendaraan dengan kapasitas mesin 1.500cc ke atas bawah kini sudah banyak yang menggunakan turbocharged. Fitur ini dapat menaikkan tenaga dan hemat bahan bakar. Mesin dengan jenis Turbocharged membuat mesin "Naturally Aspirated" semakin berkurang karena dianggap lebih boros.

4. Bohlam sudah tidak laku

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi KenanganUnsplash/Floris Jan-roelof

Penggunaan bohlam pada mobil juga mulai ditinggalkan. Kini produsen mobil lebih memilih menggunakan lampu LED atau xenon. Sebab, selain lebih terang, voltase LED atau Xenon juga lebih rendah dari bohlam. Selain itu, penggunaan LED atau xenon juga akan membuat mobil terlihat lebih keren.

5. Tuas rem tangan

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi KenanganYourMechanic

Dilansir dari CarGurus, hanya 37 persen mobil baru di Inggris yang masih mengusung sistem rem tangan manual. Kini produsen mobil lebih memilih menyematkan rem tangan elektrik. Cara mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol.  Sehingga pengemudi tak perlu menarik tuas lagi!

6. Panel analog

Sempat Dianggap Canggih, 6 Fitur Mobil Ini Segera Jadi KenanganMazda Indonesia

Panel-panel manual pada dashboard pengemudi juga sudah ditinggalkan. Panel tersebut kini telah mengamut sistem digital, membuat mobil-mobil zaman now kini semakin keren. 

Baca Juga: Rupiah Terus Melemah, Ini Daftar Mobil Bekas Kurang dari Rp 100 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya