Comscore Tracker

Kymco RevoNEX Rilis Motor Listrik Rasa Manual, Ini 5 Kelebihannya!

Tenaga mesinnya benar-benar buas

Jakarta, IDN Times - Pameran otomotif tahunan Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (Eicma) di Milan memang selalu jadi ajang pabrikan motor berunjuk gigi. Tahun ini salah satu pabrikan yang mendapat sorotan adalah Kymco.

Yup, pabrikan asal Taiwan ini memboyong motor listik bergenre naked bike yang diberi nama RevoNex. Uniknya, meski bertitel motor listrik, namun motor satu ini masih menggunakan transmisi manual dengan enam percepatan, loh!

Rencananya motor ini baru akan diproduksi secara masal pada 2021. Namun tak ada salahnya mengintip kelebihan motor ini. 

1. Hadir dengan transmisi 6 percepatan dan tenaga yang mencengangkan

Kymco RevoNEX Rilis Motor Listrik Rasa Manual, Ini 5 Kelebihannya!Youtube.com/Supermoto8

Mungkin banyak orang yang masih ragu untuk berpindah ke motor listrik karena rasa mengemudinya yang sangat berbeda dengan motor konvensional. Namun ketakutan itu tidak akan kamu temukan di Kymco RevoNEX.

Sebab Kymco tetap menghadirkan esensi dari apa yang ada di sepeda motor konvensional. Sport naked ini mengaplikasikan transmisi 6 percepatan. Dengan begitu, rasa berkendaranya bakal sama seperti motor konvensional.

Menariknya lagi, pengendara juga dapat menentukan gigi yang ingin digunakan, tanpa perlu khawatir mesin mati meski tidak menekan tuas kopling. Hebatnya lagi kecepatan maksimal RevoNex bisa tembus 115 km/jam.

2. Adanya fitur Electric Full-range Acceleration (EFA)

Kymco RevoNEX Rilis Motor Listrik Rasa Manual, Ini 5 Kelebihannya!Youtube.com/Supermoto8

Fitur ini sebagai penunjang transmisi 6 speed milik RevoNex tadi. Bukaan gas dioptimalkan lewat output tenaga yang dikeluarkan dengan bantuan fitur yang dinamakan EFA ini. Kymco mengklaim RevoNex mampu berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam waktu 3,9 detik.

RevoNEX juga diklaim bisa menembus top speed 205 km/jam, itu pun hanya ditempuh dalam kurun waktu 11,8 detik saja. Urusan torsinya tidak perlu diragukan, sangat agresif dan instan, tipikal kendaraan listrik.

3. Fitur Full Engangement Performance (FEP)

Kymco RevoNEX Rilis Motor Listrik Rasa Manual, Ini 5 Kelebihannya!Youtube.com/Supermoto8

Urusan spesifikasi satu ini, erat kaitannya dengan keselamatan pengendara. FEP membuat ban tetap mendapatkan traksi. Dengan kata lain, mengatur secara otomatis setiap tenaga yang dikeluarkan oleh mesin ke roda. Jadi gejala ban slip mampu dihilangkan, mungkin dengan bahasa yang kita sering kenal dengan sebutan traction control yah.

4. Keunikan dari fitur Active Acoustic Motor (AAM)

Kymco RevoNEX Rilis Motor Listrik Rasa Manual, Ini 5 Kelebihannya!Youtube.com/Supermoto8

RevoNex dibuat seperti motor kebanyakan. Ini pula yang menjadi alasan mereka menanamkan fitur AAM dan terbilang fitur yang satu ini sangatlah unik. Motor buatan Taiwan ini telah disematkan sistem suara multi-frekuensi.

Bahasa gampangnya adalah fitur ini bisa mengeluarkan suara seperti suara mesin atau knalpot. AAM juga menghadirkan esensi seperti motor sport bermesin bensin, seperti suara bakal berubah saat putaran motor listrik naik yang akan menunjukkan bahwa tenaganya juga makin besar. Uniknya, bunyi perpindahan transmisi juga bisa ditemui pada motor ini.

Jadi, buat kamu yang ingin memiliki RevoNEX tak perlu khawatir akan rindu suara dari motor konvensional pada umumnya, karena walaupun RevoNEX merupakan motor listrik, namun kamu tetap bisa mendengarkan suara tersebut berkat adanya fitur yang satu ini, mungkin dengan adanya AAM akan membuat orang-orang di sekitar melirik kamu ketika sedang mengendarai ini.

5. Adaptive Machine Personality (AMP)

Kymco RevoNEX Rilis Motor Listrik Rasa Manual, Ini 5 Kelebihannya!Youtube.com/Supermoto8

Teknologi terakhir ini pun jadi keunggulan RevoNex. Idealnya motor sport masa kini, RevoNex juga mengaplikasi riding mode. Kymco menuangkannya dalam teknologi disebut AMP. Dimaksudkan agar pemiliknya bisa mengendarai RevoNex sesuai keinginan. Ada empat mode disediakan yaitu mulai dari Poised, Assertive, Bold hingga mode Extreme.

Berita baiknya, Kymco RevoNex tidak hanya sebagai motor konsep namun akan dijual secara massal. Realisasinya katanya akan siap resmi dijual pada 2021 nanti, jadi buat kamu yang sangat tergiur dengan fitur-fitur di atas, segera menabung dari sekarang yah agar bisa meminang motor listrik yang satu ini.

Baca Juga: Kymco Perkenalkan RevoNEX, Motor Listrik Rasa Manual! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya