Comscore Tracker

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini

Nih buat yang nyari motor baru

Jakarta, IDN Times - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meluncurkan varian Scooter Matic terbaru Yamaha Lexi 125. Sepintas, motor ini terlihat mirip dengan yamaha NMax.

Yamaha mengklaim sejumlah fitur modern telah disematkan pada motor berkubikasi 125 cc ini. Mulai dari sistem tanpa kunci sampai tempat pengisi daya dipasang agar bisa menggaet hati pecinta motor matic tanah air.

Seperti apa fitur unggulan Yamaha Lexi? Berikut adalah kupas tuntas Yamaha Lexi 125.

1. Kesan pertama saat melihat tampilan Lexi

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini IDN Times/Akhmad Mustaqim

Dari segi tampilan, Lexi sepintas terlihat seperti NMax versi mini. Tidak ada stiker, hanya ada emblem logo Yamaha di bagian kanan dan kiri body depan dan tulisan Lexi pada bagian kanan dan kiri body belakang.

Lampu utama sudah menggunakan lampu LED berwarna putih terang. Pijakan kaki bagian depan tampak luas. Lexi juga menawarkan dua posisi riding, pososi kaki ditekuk ataupun selonjoran. Begitupula untuk pembonceng, diklaim jauh lebih nyaman karena jok yang panjang.

2. Mesin yang digunakan adalah mesin Aerox 125

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini IDN Times/Akhmad Mustaqim

Maxi menggunakan mesin Blue Core 125cc LC4V dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang diklaim membuat torsi merata disetiap putaran mesin. Stop and start system yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan menyala kembali saat tuas gas diputar.


Presiden Direktur YIMM, Minoru Morimoto mengatakan, meski terlihat serupa dengan NMax, namun Lexi menggunakan mesin yang berbeda. Mesin yang digunakan di Lexi adalah adaptasi dari Aerox 125. "Tidak sama. Tetapi sama dengan aerox 125," kata Morimoto saat tanya jawab di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/1).

3. Sistem pengereman dan bagasi yang terkesan tanggung

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini IDN Times/Akhmad Mustaqim

Meski sistem pengereman depan sudah menggunakan piringan cakram, namun roda belakang tampak masih belum terpasang cakram. Kedua ban Lexi bertipe tubeless dengan ukuran 90/90 di bagian depan dan 100/90 di bagian belakang. 

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini IDN Times/Akhmad Mustaqim

Bagasi yang ada di Lexi hanya berkapasitas 12 liter. Ada juga fitur Hazard Lamp yang bisa dinyalakan dengan melihat bagian belakang.

Baca juga: Yamaha Luncurkan Lexi, Ini Penilaian Valentino Rossi

4. Fitur kekinian yang disematkan di Lexi

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini IDN Times/Akhmad Mustaqim

Selain itu Lexi sudah menggunakan Smart Key System atau sistem kunci tanpa anak kunci yang diklaim jauh lebih nyaman dan modern. Ada pula suspensi tabung yang diklaim bisa membuat berkendara semakin nyaman terutama saat melewati jalan yang tidak rata. Sayangnya ini hanya ditemui di versi termahal Lexi Versi S.

5. Ditawarkan dalam 6 pilihan warna

Kupas Tuntas Yamaha Lexi 125, Si NMax Mini IDN Times/Akhmad Mustaqim

Yamaha Lexi diluncurkan dengan dua versi, standar dan S. Perbedaannya sistem smart key, suspensi tabung dan jok yang elegan.

Ada enam varian warna yang ditawarkan Yamaha. Warna Matte Red, Matte Grey dan White hadir di Yamaha Lexi versi standar sedangkan warna Matte Blue, Matte Grey dan Bronze pada versi Yamaha Lexi-S.

Lexi sendiri ditawarkan dengan harga di bawah Rp 20 Juta. Motor berkubikasi 125 cc baru akan diproduksi bulan April 2018 mendatang. Bagi peminat Yamaga Lexi, pihak Yamaha hanya melayani pemesanan melalui dealer dan tidak dibuka dalam situs online.

"Order ke dealer nanti produksi pertama akan diperuntukan untuk konsumen yang datang ke dealer, tunggu kabarnya per area segera, tidak akan lama, kita priorita yang datang langsung ke dealer," ujar Wakil Presiden Eksekutif YIMM Dyonisius Beti di tempat yang sama.

Baca juga: Yamaha Lexi, Sang Penantang Vario di Kelas 125 cc

 


Line IDN Times

Topic:

Just For You