5 Tip Merawat Motor, Biar Performanya Gak Labil

Gak rumit dan gak mahal, kok

Unsplash/@journey man

Jakarta, IDN Times - Punya motor tapi gak males merawat itu sama aja menyusahkan diri sendiri. Sebab, selain gak enak dilihat, motor yang gak terawat juga berpotensi mogok di jalan. Bahkan bukan tak mungkin jadi penyebab kecelakaan. Ngeri, kan?

Karena itu ada baiknya menyisihkan waktu untuk merawat motor. Gak sulit dan gak mahal, kok. Nah berikut 5 tip merawat motor biar performanya jos terus.

1. Pastikan pergantian oli tepat waktu

(IDN Times/Dwi Agustiar)

Oli berfungsi melumasi bagian dalam mesin. Karena itu sangat penting menggantinya setiap 1.000 km atau sebulan sekali. Jangan telat apalagi sampai lupa mengganti oli karena bisa menyebabkan mesin motormu rontok.

Bair gampang, gantilah oli setiap tanggal satu setiap bulan atau setiap habis gajian. Harganya gak mahal kok, sekitar Rp40-50 ribu. Bayar cicilan motor bisa, mosok beli oli gak bisa?

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Baca Juga: 5 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan yang Bisa Kamu Terapkan

2. Gunakan bensin sesuai oktan yang diminta

IDN Times/Dwi Agustiar

Sialakan baca kembali buku manual motormu, di sana pasti tertera bensin yang boleh dikonsumsi motormu. Jika pabrikan mewajibkan memakai bensin Ron90, maka jangan memakai bensin premium.

Sebab penggunaan bensin beroktan lebih rendah dari yang disarankan bisa menyebabkan mesin bekerja lebih ekstra. Kalau sudah begitu, usia mesin motormu pasti lebih pendek dari seharusnya.

Semua berita yang kamu suka #AdadiIDN

Baca berita sesuai topik yang kamu pilih dan
lebih nyaman di IDN app

Download Yuk!

3. Jangan lupa mengecek kondisi ban

IDN Times/Dwi Agustiar

Pastikan tekanan angin pada ban selalu dalam keadaan normal. Jika ban terlihat kempes, segera tambahkan angin. Jangan mengendarai motor dalam kondisi ban kempes, ya.

Sebab, selain berbahaya, juga bisa membuat pelek motormu peyang. Selain itu ban kempes juga menjadi penyebab motor jadi boros bensin. Pastikan juga tekanan angin pada banmu tidak kelewat tinggi. Sebab bisa meletus!

4. Servis rutin setiap 5 ribu kilometer

Ilustrasi/Unsplash.com/@seabas

Jika daya tempuh motormu sudah 5 ribu kilometer, maka saatnya membawa motor tersebut ke bengkel. Sebab sangat mungkin timbul kerak pada mesin yang membuat performanya melorot. Lakukan servis setiap 5 ribu kilometer untuk menjaga performa mesin motormu.

5. Jangan sembarangan memakai aksesoris

IDN Times/Debbie Sutrisno

Kalau kamu ingin memakai aksesoris motor, pastikan aksesoris tersebut tidak mengganggu kinerja mesin maupun kelistrikan motor.

Contoh banyak biker yang mengganti lampu standar motor mereka dengan lampu HID tanpa memperhitungkan kelistrikannya. Padahal lampu HID itu membutuhkan daya litrik yang besar. Akibatnya aki motor jadi cepat rusak.

Baca Juga: Honda dan Yamaha Terjerat Kartel, Harga Motor Harusnya Lebih Murah

Berita Terkini Lainnya