TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Melakukan Perawatan Motor Kopling

Ngerawat motor kopling jangan asal-asalan!

otosia.com

Motor kopling mungkin bukanlah tipe motor yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang, tidak seperti motor matic. Motor kopling lebih umum digunakan oleh mereka para penggemar motor atau istilahnya "anak motor."

Namun sebagian besar orang masih kurang paham bagaimana caranya merawat motor kopling dengan baik dan benar. Walaupun perawatan motor kopling mungkin agak ribet, sebaiknya jangan asal-asalan dalam perawatannya.

1. Ganti oli secara rutin

otonity.com

Ini mungkin adalah syarat yang paling utama untuk menjaga mesin motor kopling tetap prima. Apalagi buat motor yang biasa diajak perjalanan jauh, maka oli yang ada di mesin akan semakin keruh dan kental, yang akhirnya membuat mesin jadi rusak. Idealnya pergantian oli dilakukan setiap 2000 kilometer perjalanan.

2. Selalu cek kampas kopling

gridoto.com

Pengecekan kampas kopling adalah wajib hukumnya bagi para pengguna motor kopling. Kampas yang bermasalah tentu akan memicu gangguan saat transmisi dan mempengaruhi laju motor. Jika sudah aus atau terkikis, jangan menunda-nunda lagi, segeralah ganti dengan kampas yang baru.

Baca Juga: Pedal Kopling Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat Berkendara

3. Rajin bersihkan kabel kopling

goozir.com

Jika tarikan kopling mulai terasa berat, ini dikarenakan kabel kopling sedang dalam keadaan kering atau kotor akibat dari bahan di bagian dalam kabel. Untuk mengatasinya, gunakan pelumas atau cairan pembersih karat lain untuk motor ke dalam kabel. Masukkan cairan melalui tuas pada bagian handling kopling.

4. Saat berkendara, jangan malas ganti gigi

medcom.id

Karena dikendalikan secara manual, beberapa pengendara kadang agak malas untuk mengoper giginya, misalkan pada saat berada di lampu merah. Padahal jika gigi tidak diturunkan saat dalam keadaan berhenti, kemungkinan besar motor akan butuh energi yang lebih besar saat melakukan gas awal. Kondisi ini bisa membuat kampas motor jadi cepat aus.

Baca Juga: Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Kopling

Verified Writer

Muhammad Faisal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya