Comscore Tracker

Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Kopling

Cukup mudah untuk belajar motor dengan kopling

Sejak pertama kali diciptakan, desain motor telah mengalami perubahan, evolusi, dan inovasi bertahun-tahun. Tapi satu hal yang tidak berubah adalah tenaga mesin motor masih harus ditransmisikan ke roda lewat kopling oleh pengendara.

Memang kini sudah tersedia motor otomatis (matic), tapi bisa menguasai motor dengan kopling adalah kemampuan tersendiri. Nah, berikut langkah-langkah agar kamu bisa menguasai motor dengan kopling.

1. Pahami letak tuas kopling, gas, dan transmisi gear

Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Koplingpackupandride.com

Tuas kopling terletak di depan sebelah kiri kemudi. Kopling bertanggungjawab untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda.

Tarikan gas terletak sebelah kanan kemudi. Semakin gas ditarik, maka makin bertambah tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor.

Tuas transmisi terletak di bagian depan motor, tepatnya di sebelah kiri pijakan kaki untuk pengendara. Tuas ini bertanggungjawab untuk memindahkan kecepatan gear.

2. Nyalakan motor dengan menarik kopling dan tekan tombol starter

Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Koplinghappyzipmotorbikes.com

Pastikan kamu memosisikan gear di kondisi netral, yang diindakasikan oleh lampu indikator N di dasbor menyala hijau. Semua motor rilis terbaru sudah dilengkapi fitur ini. Selanjutnya, kamu harus duduk di jok dengan nyaman.

3. Pindah ke posisi gear satu

Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Koplingtheridingcenter.com

Mulailah dengan menarik tuas kopling, lalu pindah gear ke posisi satu dengan menginjak tuas transmisi ke bawah.

Lalu, secara perlahan tarik tuas gas sembari melepas tuas kopling secara simultan sampai motor mulai berjalan. Jangan terburu-buru melepas kopling, sesuaikan dengan tarikan gas.

Sampai tahap ini, motor harus sudah berjalan stabil, dan mulailah menambah tarikan gas dan melepas tuas kopling sepenuhnya.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyaman

4. Pindah ke posisi gear yang lebih tinggi

Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Koplinghowcast.com

Saat kamu sudah kecepatan cukup, maka pindah ke posisi gear yang lebih tinggi. Renggangkan tarikan gas, dan di saat yang bersamaan tarik tuas kopling. Cungkil ke atas tuas transmisi dengan kaki kiri, terus cungkil ke posisi gear yang membuat tarikan gas ringan.

Saat dalam posisi gear satu, sekali cungkilan akan membuat gear dalam posisi netral, dua kali posisi gear dua, tiga kali posisi gear tiga, dan seterusnya. Jika ingin berhenti, cukup tarik tuas kopling, kembalikan gear dalam kondisi netral, dan matikan mesin.

5. Berkendara dalam kondisi santai

Tak Sulit, Ini 5 Langkah Menguasai Motor dengan Koplingallstate.com

Rekomendasi terakhir agar kamu bisa dengan mudah menguasai motor dengan kopling adalah berkendara dalam kondisi tubuh rileks. Orang-orang yang berkendara dalam kondisi tegang cenderung sulit menguasai motor.

Itulah lima langkah agar kamu bisa segera menguasai motor dengan kopling. Selamat belajar dan berkendaralah dengan aman!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Harus Paham Cara Perbaiki Sepeda Motor

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya