TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bolehkah Campur Minyak Rem Motor yang Berbeda?

Kualitas pengereman motor turut berpengaruh karena hal ini

Ilustrasi minyak rem pada motor (flickr.com/big-ash-b)

Jakarta, IDN Times - Agar keamanan dan kenyamanan berkendara motor tetap terjaga, sistem pengereman pada motor tentu harus selalu diperhatikan dengan seksama. Komponen satu ini sangat berguna untuk menjaga pengendara tetap aman saat berkendara. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan pada rem motor adalah minyak rem.

Kualitas minyak rem juga perlu dipertimbangkan dengan baik agar performa pengereman pada motor bisa tetap optimal. Banyak yang beranggapan minyak rem motor bisa dicampur dengan minyak rem motor dari pabrikan atau kualitas yang berbeda karena dianggap memiliki fungsi yang sama saja. Sehingga muncul banyak pertanyaan bolehkah mencampur minyak rem dengan minyak rem lain yang kualitas hingga pabrikannya berbeda? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Penyebab Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan Menurun

1. Kemampuan titik didih minyak rem jadi tak diketahui

Ilustrasi minyak rem motor (youtube.com/The Chemist)

Mencampur minyak rem, terutama dengan DOT yang berbeda, tidak direkomendasikan oleh beberapa pakar. DOT atau Department of Transport adalah penilaian komponen kendaraan bermotor yang biasa tercantum pada minyak rem. Minyak rem sendiri tergolong menjadi 3, yakni minyak rem DOT 3, minyak rem DOT 4, dan minyak rem DOT 5.

Setiap DOT memiliki titik didih yang berbeda. Sehingga jika kamu mencampurkan minyak rem dengan DOT yang berbeda, titik didih pada minyak rem menjadi tak diketahui.

Baca Juga: 3 Tanda Kampas Rem Mulai Menipis, Awas Rem Blong!

2. Performa pengereman menurun

Ilustrasi rem motor (IDN Times/Fadhliansyah)

Mencampur minyak rem dengan spesifikasi yang berbeda juga dikhawatirkan dapat menurunkan kualitas pengereman pada motor sehingga jadi kurang optimal seperti biasa. Selain titik didihnya tak diketahui, mencampur minyak rem juga dianggap dapat menurunkan kualitas performa pengereman, terutama jika minyak rem dicampur dengan minyak rem yang DOT-nya lebih rendah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya