TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic

Banyak yang menawarkan dengan harga kompetitif, lho.

Ilustrasi Skuter Matik Retro (unsplash.com/End Injury)

IDN Times, Jakarta - Vespa Matic memang begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia, khususnya para anak muda. Desainnya yang cantik ala retro sangat menawan ketika melaju di jalanan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa menikmati ‘keindahan’ Vespa Matic karena harganya yang dirasa belum cukup terjangkau.

Walaupun begitu, ternya ada banyak motor skutik retro yang menawarkan harga yang cukup kompetitif, lho. Sebagai referensi untuk kamu yang ingin beralih ke skutik retro, berikut daftar skutik retro murah yang IDN Times rangkum selengkapnya di bawah ini.

1. Honda Scoopy

Ilustrasi Honda Scoopy (https://www.astra-honda.com/)

Mendengar kata skutik retro murah, tentu yang terpintas di benak banyak orang adalah Honda Scoopy. Salah satu skutik andalan Honda ini memberikan tampilan retro yang cantik, menjadikannya begitu dicintai oleh masyarakat Indonesia. Tampilan retro pada Honda Scoopy semakin terlihat jelas pada lampu depan yang berbentuk oval dengan dibekali lampu LED dan lensa projector.

Suspensinya yang baik serta ground clearance dari bannya yang cukup tebal, membuat Honda Scoopy juga terasa nyaman saat digunakan. Untuk mesin, Scoopy menggunakan mesin generasi baru eSP berkapasitas 110 cc dengan mesin over stroke mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 9 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sistem injeksi PGM-FI dan fitur Idling Stop System (ISS) memberikan keunggulan pada Scoopy dalam efisiensi bahan bakarnya yang tergolong cukup irit.

Untuk varian warna, Honda Scoopy hadir dalam warna Prestige White, Prestige Black, Stylish Brown, Stylish Red, Fashion Black, Fashion Blue, Sporty Red, dan Sporty Black. Skutik retro andalan Honda ini dibanderol mulai dari Rp. 21.003.000.

Baca Juga: Ini Deretan Vespa Termahal di Indonesia! 

2. Yamaha Fazzio

Febri menjajal Yamaha Fazzio (Dok. PT YIMM)

Turut serta dalam persaingan skutik retro murah, Yamaha meluncurkan motor terbarunya yakni Yamaha Fazzio. Desain retro begitu terlihat dengan lampu depan yang dibuat berbentuk lingkaran. Sedangkan untuk fiturnya dibenamkan berbagai teknologi modern seperti speedometer full digital, Smart Key System, Y Connect, electric power socket, hingga One Push Start.

Mesin Yamaha Fazzio berkapasitas 125 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Konsumsi bahan bakar skutik ini pun tergolong irit berkat adanya sistem hybrid, dengan menggunakan daya dari baterai atau Electric Power Assistant (EPAS) untuk menghidupkan motor dan baterainya akan diisi saat motor dijalankan melalui komponen Smart Motor Generator (SMG).

Untuk varian, Yamaha Fazzio hadir dengan dua varian. Varian pertama adalah  Yamaha Fazzio 125 Hybrid dengan opsi warna Neo Black, Neo Red, Neo Cyan, dan Neo Beige, yang dibandeol dengan harga Rp. 21,7 juta untuk harga OTR. Sedangkan varian kedua adalah Yamaha Fazzio Hybrid Lux dengan pilihan warna Matte Black dan Prestige Silver yang dibanderol dengan harga Rp. 22 juta untuk harga OTR.

3. Sym Attila Venus 125

Ilustrasi Sym Attila Venus (facebook.com/SYM Senjaya Cahaya Makmur)

Kamu mungkin masih asing dengan motor asal Taiwan ini. Tapi jika ingin mencoba skutik retro murah, maka Sym Attila Venus 125 bisa masuk ke daftar pilihanmu. Untuk desain memang terlihat begitu serupa dengan Vespa Matic, unsur retronya begitu terlihat jelas, seperti lampu depan yang dibuat membulat dengan aksen krom melingkarinya dan bodinya yang menggendut seperti Vespa.

Mesin yang disematkan pada Sym Attila Venus 125 berkapasitas 124,6 cc, SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara, yang mampu menghasilkan  tenaga maksimal 8,2 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 8,6 Nm pada 6.500 rpm. Bagasi penyimpanan motor ini pun cukup lega, hal ini karena lubang pengisian bahan bakar berada pada bodi depan dekat setang.

Untuk pilihan warna, Sym Attila Venus 125 tersedia dalam warna Red, Blue, dan White. Harga yang ditawarkan untuk OTR nya berkisar pada Rp. 21,7 juta. Dengan tampilan yang cantik, skutik retro murah asal Taiwan ini worth it untuk kampu pertimbangkan.

4. Benelli Seta 125

Ilustrasi Benelli Seta 125 (https://www.olx.co.id/)

Walaupun sama-sama berasal dari Italia, namun skutik retro ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan Vespa Matic. Benelli Seta memberikan tawaran yang sangat menarik bagi yang ingin mendapatkan skutik retro namun dengan harga yang lebih murah.

Untuk mesin memiliki kapasitas 124,6 cc, mesin 1-silinder, pengabutan karburator, dan sistem udara sebagai pendinginnya. Performanya cenderung biasa saja, namun memang tampilannya yang menjadi sanjata pamungkas. Posisi stang yang lebih tinggi dibandingkan jok semakin menegaskan kesan retro pada Benelli Seta 125 ini.

Tersedia pilihan warna Black, White, Grey Blue Sky, dan Yellow untuk skutik retro murah ini. Benelli Seta 125 dibanderol dengan harga OTR sekitar Rp. 18,75 juta.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya