Comscore Tracker

5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah Jalan

Jangan sembarangan memilih jas hujan ya guys

Jakarta, IDN Times - Musim hujan sudah datang. Buat kamu yang setiap hari wara-wiri naik sepeda motor, berarti harus sudah menyiapkan jas hujan di bagasi sepeda motormu. 

Kalau belum punya, sebaiknya lekas beli. Sebab jas hujan wajib ada. Kecuali kalau kamu mau neduh setiap kali hujan turun. Nah berikut lima tips yang harus kamu perhatikan saat membeli jas hujan: 

1. Pilih warna yang terang

5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah JalanUnsplash/Alesia Kazantceva

Banyak pilihan warna jas hujan, namun warna terbaik adalah warna-warna terang. Sebab warna terang akan membuatmu terlihat oleh pengendara lain. Ini penting agar pengendara lain tidak menabrakmu.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! 10 Hujan Meteor & Peristiwa Langit di November 2018

2. Pilih yang ada fitur mata kucingnya

5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah JalanUnsplash/Ian Stauffer

Hujan berpotensi menghalangi pandangan, karena itu selain memilih warna yang terang, jas hujan juga perlu dilengkapi mata kucing. Mata kucing berfungsi memantulkan cahaya saat terpapar sinar, membuat pengendara lain akan menyadari keberadaanmu. 

3. Jangan pilih yang berbahan plastik

5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah JalanUnsplash/Tigran Newman

Banyak jas hujan dibuat dari bahan plastik. Padahal bahan plastik tidak terlalu kuat dan tidak begitu kedap air. Untuk itu pilihlah jas hujan yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) karena lebih tahan air, awet, dan lebih nyaman dikenakan. Memang agak mahal, sih. 

4. Jangan terlalu banyak jahitan

5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah JalanDok. IDN Times

Air hujan bisa menembus melalui celah di antara jahitan. Karena itu sebisa mungkin pilih jas hujan yang paling sedikit jahit-jahitannya.  

5. Jas hujan model ponco bisa membahayakan

5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah JalanUnsplash/Katya Austin

Ada dua model jas hujan yang banyak dijual, yakni model ponco dan model jaket. Saran kami, jangan memilih jas hujan model ponco. Sebab jas hujan model ini membahayakan. Sebab jas hujan ponco berpotensi tersangkut di jeruji roda.  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You