Comscore Tracker

Kawasaki J300 Siap Mengaspal, Bakal Jadi Pesaing Yamaha Xmax!

Kira-kira berapa yah harganya?

Jakarta, IDN Times - Kawasaki akan menghadirkan big matic J300 yang digadang-gadang akan menjadi pesaing terberat Yamaha XMax. Skuter matik bongsor Kawasaki ini sebenarnya sudah muncul sejak 2014, namun desain model 2019 akan lebih sporty.

Selain itu performa mesinnya juga diprediksi akan lebih powerfull. Kawasaki juga mengklaim motor ini menawarkan kenyamanan khas motor matic. Berikut spesifikasi dan performanya. Yuk, kita lihat!

1. Desain yang terinspirasi dari Ninja

Kawasaki J300 Siap Mengaspal, Bakal Jadi Pesaing Yamaha Xmax!Moto.it

Dari desain dan sosoknya, Kawasaki J300 ini terinsipirasi dari generasi Ninja ZZR, moge tertinggi dari Kawasaki. Meski demikian Kawasaki J300 ini dibangun bersama dengan Kymco, dengan basis Kymco Downtown 300. 

Hanya saja Kawasaki tak langsung mengaplikasikan basis Kymco begitu saja. Mereka mendesain ulang, menambah fitur dan bodywork Kymco. Hasilnya sosok J300 yang mencerminkan sosok Ninja di skuter dengan warna hitam ditambah goresan warna hijau dan juga kombinasi abu-abu matte dengan stip hitam.

2. Perubahan pada beberapa teknis

Kawasaki J300 Siap Mengaspal, Bakal Jadi Pesaing Yamaha Xmax!otoMoto

Menurut sumber Bennetts di Kawasaki, para insinyur Jepang bekerja bersama tim Kymco untuk memberikan sejumlah perubahan teknis pada: bodywork, jok, selang rem, suspensi, tuas rem yang dapat disesuaikan, footpeg belakang, lampu utama, dek kaki dan jam. 

Para insinyur K juga mengembangkan ECU baru yang memberikan performa lebih pada putaran menengah. Bahkan tenaga pun cukup besar mencapai 27bhp pada putaran 8000 rpm dan torsi 28,4 Nm pada 6500 rpm.

3. Bahan bakar yang irit

Kawasaki J300 Siap Mengaspal, Bakal Jadi Pesaing Yamaha Xmax!Gumtree

Kawasaki J300 diklaim memiliki akselerasi halus dengan konsumsi bahan bakar yang irit sekitar 34 kilometer per liter. Saat dikendarai di perkotaan, motor ini cukup bertenaga pada putaran menengah yang mampu melaju hingga 96-112 kilometer per jam. 

Menurut klaim Kawasaki, J300 mampu mencapai kecepatan tertinggi 95 mil per jam atau 152 kilometer per jam, tak kalah dari Yamaha XMax lho.

4. Harga J300 untuk di Indonesia

Kawasaki J300 Siap Mengaspal, Bakal Jadi Pesaing Yamaha Xmax!L'Argus

Kawasaki belum memastikan apakah akan memboyong J300 ke Indonesia. Namun, kalaupun mendatangkan motor ini ke tanah air, harganya kemungkinan bakal melonjak. Sebab statusnya yang CBU.

Contohnya Ducati Hyperstrada yang diboyong langsung dari Italia dengan harga asli 10.568 euro (Rp 160 jutaan). Ketika masuk di Indonesia, harga motor tersebut menjadi Rp 350 juta!

Lalu berapa harga skutik Kawasaki ini di tanah air? 

Tentunya tergantung di mana nanti dia diproduksi. Jika diimpor secara utuh, angka dalam banderol yang tertulis mungkin akan tidak kurang dari Rp 150 jutaan.

5. Dilengkapi dengan instrumen lainnya

Kawasaki J300 Siap Mengaspal, Bakal Jadi Pesaing Yamaha Xmax!KTM Fulda

Melongok pada instrumen, dilengkapi penunjuk jam cukup sederhana, dengan speedometer, penunjuk putaran mesin, dan pengukur bahan bakar. Di bawah jok cukup menekan satu tombol ada bagasi yang mampu menampung jas hujan serta helm, ada hook untuk membawa belanja di antara kaki dan ada kompartemen untuk ponsel. Kualitas dari bahan cukup oke di kelasnya.

Di atas kertas beratnya 191 kilogram setara dengan Yamaha Xmax, yang hanya satu kilo lebih ringan dari Kawasaki ZX-6R. Motor ini mudah bermanuver dengan kecepatan rendah, dan bahkan seorang pengendara matik pemula akan bisa naik tanpa menyeret kaki saat motor berjalan. Pada keceparan tinggi pun motor tetap stabil.

Gimana guys, tertarik gak?

Baca Juga: Penyakit Kawasaki Mengancam Balita, Lihat Gejalanya

Topic:

  • Angela Monica
  • Dwi Agustiar

Just For You