Comscore Tracker

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim Hujan

Bye, jamur!

Memasuki musim hujan memang membuat para pengendara motor harus ekstra dalam merawat kendaraan. Air hujan yang mengandung asam tinggi membuat motor, bahkan helm menjadi lekas rusak.

Salah satu musuh utama saat musim hujan ialah kemunculan jamur. Nah, oleh sebab itu, lakukan enam cara ini untuk mengantisipasi jamur pada helm, yuk! Apa saja, sih?

1. Angin-anginkan helm setelah digunakan

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim Hujanunsplash/Alexander Schimmeck

Helm wajib diangin-anginkan setelah digunakan. Pasalnya, saat memakainya, terlebih dalam jangka waktu yang lama, pasti helm akan penuh dengan keringat dan bau apek. Apabila didiamkan, tentu bisa memancing timbulnya jamur.

Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan menganginkan helm setelah digunakan. Diamkan sebentar di depan kipas angin atau di atas jok motor supaya lekas kering.

2. Jika helm dalam kondisi basah, wajib jemur di bawah terik matahari

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim HujanUnsplash/Kaushik Nag

Gak cukup cuma dianginkan saja, lho. Langkah kedua yang bisa kamu lakukan ialah menjemurnya di bawah terik matahari. Sinar matahari efektif membunuh bibit-bibit jamur yang mungkin saja mulai bermunculan di bagian busa helm.

3. Bersihkan batok dan visor helm dengan kain microfiber setelah digunakan

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim Hujanunsplash/Naveen Saxena

Setelah perjalanan jauh, terutama saat kehujanan, kamu wajib melakukan langkah satu ini. Bersihkan bagian visor dan juga batok helm dengan kain microfiber. Air hujan yang mengandung asam tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya jamur. Oleh sebab itu, penting menangkalnya dengan kain microfiber yang punya daya serap tinggi.

Baca Juga: Tiga Pabrikan Motor Ini Konsisten Bikin Motor Berdesain Klasik

4. Jika rambutmu dalam keadaan basah, pakailah pelindung kepala

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim HujanUnsplash/NeONBRAND

Untuk menghindari jamur pada helm, gunakan helm dalam keadaan rambut kering. Namun, apabila terpaksa memakai helm saat rambut basah, kamu biasa menyiasatinya dengan mengenakan pelindung kepala. Fungsi dari pelindung kepala ini ialah menghalau air dan keringat menempel pada busa helm.

5. Simpan helm dengan kondisi terbalik

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim Hujanunsplash/Olga Kononenko

Jika kamu terbiasa menyimpan helm dengan kondisi tertutup, coba balik dengan menghadap ke atas. Lewat cara ini, dijamin keringat akan lebih cepat menguap dan helm bisa kering dengan lebih cepat.

6. Naikkan visor helm saat kamu sedang berkendara

6 Tips Paling Mudah biar Helm Gak Jamuran Saat Musim HujanUnsplash/Kevin Wolf

Saat kamu berkendara, bisa dipastikan keringat akan muncul di rambut hingga permukaan wajah dan kepala. Nah, untuk menguranginya, kamu bisa buka visor helm secara berkala. Angin yang masuk dari sela-sela kaca helm ampuh mengeringkan keringat dan tentunya menghalangi tumbuhnya jamur.

Jika kamu punya cara efektif lainnya, bagikan di kolom komentar ya!

Baca Juga: Motor-Motor Bekas Ini Bisa Kamu Beli dengan Harga di Bawah Rp5 Juta

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya