Comscore Tracker

Tiga Pabrikan Paling Setia Sama Motor Klasik

Desain klasik tetap jadi idola

Jakarta, IDN Times – Zaman boleh berganti. Tren boleh naik turun. Tapi motor-motor klasik tak pernah lekang digerus waktu. Bahkan pabrikan motor masih banyak yang memproduksi motor-motor berdesain klasik.

Kawasaki misalnya punya keluarga W yang desainnya klasik banget, mulai dari W800 sampai W175 dengan berbagai variannya. Ini bukti kalau motor berdesain klasik tak pernah sepi peminat. 

Nah, berikut beberapa pabrikan motor yang konsisten memproduksi motor klasik. 

1. Royal Enfield

Tiga Pabrikan Paling Setia Sama Motor KlasikRoyal Enfield/Istimewa

Royal Enfield memang identik dengan motor klasik. Sejak muncul pertama pada 1901, pabrikan motor asal Inggris yang besar di India ini konsisten memproduksi motor berdesain klasik.

Salah satu motor mereka yang kemudian menjadi ikon adalah Royal Enfield ‘Bullet'. Motor ini diproduksi tahun 1930-an dan sampai saat ini masih diproduksi, tentu saja berbagai tambahan untuk penyegaran.

Baca Juga: 3 Motor Baru Ini Desainnya Retro Banget, Bikin Nostalgia!

2. Benelli

Tiga Pabrikan Paling Setia Sama Motor Klasikinstagram.com/benellimotorbali

Pabrikan lain yang konsisten memproduksi model bergaya klasik adalah Benelli. Pabrikan ini pertama kali meluncurkan motor pada 1921. Saat itu motor yang diperkenalkan adalah Velomotore.

Motor yang mengusung mesin ringan dua-stroke ini hadir dalam dua model, yakni Touring dan Sport (125cc).

Walupun telah banyak mengeluarkan motor bergenre sport, Benelli tetap memproduksi motor-motor bergenre klasik, di antaranya Benelli Motobi, Benelli Patagonian Eagle, dan yang terbaru Benelli Imperiale 400.

3. Jawa

Tiga Pabrikan Paling Setia Sama Motor Klasikautocarindia.com

Walaupun memiliki nama yang sama dengan pulau di Indonesia, motor ini berasal dari Cekos, lho! Seperti Benelli dan Royal Enfield, Jawa juga dikenal sebagai produsen motor bergenre retro. Hanya saja produksi motor Jawa tidak seintens dua pabrikan lain.

Pada tahun 2018 Jawa merilis tiga motor terbaru mereka bergaya retro 70-an di India, yakni Jawa, Jawa 42, dan Jawa Perak.

Baca Juga: Fakta Seputar Motor Jawa Perak, Bukan Made in Indonesia Lho!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya