Comscore Tracker

Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motor

Jangan lupa dibawa ya!

Apakah kamu berencana untuk melakukan touring jauh? Atau hanya berkendara menyambangi beberapa kota? Kamu mungkin sudah menyiapkan semua keperluanmu tapi ada beberapa benda yang sangat penting dan sangat berguna yang bisa sangat mudah terlupakan karena banyak sekali yang harus dipersiapkan.

Jangan khawatir, berikut benda-benda yang wajib dibawa dan akan sangat berguna ketika kamu berkendara motor jarak jauh!

1. Kunci cadangan

Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motoreverydaylocksmith.com

Tidak ada momen yang lebih buruk dibanding menghabiskan waktu menunggu bantuan teknis datang karena tanpa sengaja kehilangan kunci motor saat parkir. Sangat disarankan untuk membawa kunci cadangan sepanjang waktu.

Ada banyak pilihan di mana kamu bisa menyimpan kunci cadangan, bisa kamu simpan di bagasi motor atau dibawa sepanjang waktu seperti di dompet atau tas pinggang.

Jika kamu punya kunci cadangan yang selalu dibawa, maka kamu bisa menghemat waktu dan uang dibanding menunggu tukang kunci datang.

2. Perangkat perbaikan ban

Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motorgroupon.com

Normalnya jika ban motormu bermasalah, maka kamu bisa menelpon bengkel untuk perbaikan. Tapi bagaimana jika kamu sedang berkendara di jalanan yang lempeng, sepi, dan tidak ada jaringan?

Punya dan mengetahui cara menggunakan perangkat perbaikan ban sangat penting untuk pengendara, sehingga kamu bisa dengan mudah mengatasi masalahmu. Pastikan kamu tahu jenis ban yang dipakai motormu, tubeless atau tidak? Sehingga kamu bisa membawa perangkat yang layak.

3. Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)

Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motormillennialdiyer.com

Tentu semua berharao kamu tidak akan pernah menggunakan perlengkapan ini, tapi terkadang membawa perangkat P3K bisa sangat berguna untuk cedera ringan seperti tergores. Selain itu, P3K bisa digunakan menolong orang lain jika berkendara dalam kelompok.

Dalam P3K juga harus kamu sertakan obat-obatan ringan, misalnya obat gangguan sakit kepala yang bisa menyebabkan kehilangan fokus di jalan. Membawa resep obat-obatan pribadi juga sangat penting untuk diingat.

Baca Juga: 5 Motor Touring Terbaik Buatan Pabrik Asal Jepang, Ada Apa Aja?

4. Makanan ringan

Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motorroad.cc

Berkendara bisa sangat menyenangkan sampai kemudian kamu lapar atau merasa energi turun sementara tempat makan masih jauh. Membawa makanan ringan di bagasi motor seperti keripik, wafer, minuman berenergi, dan air putih adalah ide bagus untuk menjaga kamu tetap prima.

5. Senter, tabir surya, dan handuk

Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motoryoungchoppers.com

Kamu tidak akan pernah salah dengan membawa senter karena kamu tidak pernah tahu bahwa kamu bisa saja membutuhkannya dalam situasi gelap! Lalu, kamu bisa membawa tabir surya, jika kamu berencana berkendara jarak jauh dan cuaca diprediksi cerah dan panas, membawa tabir surya bisa menolongmu dari terbakar sinar matahari.

Terakhir, kain pembersih untuk membersihkan kaca seperti handuk atau chamois juga harus kamu bawa. Kaca helm dan spion kadang kotor atau berembun sehingga perlu dibersihkan untuk menjaga penglihatan pengendara.

Meski jauh dari rumah, tapi jika telah membawa perlengkapan tersebut di atas bisa membuat pengalamanmu berkendara lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal Ini

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You