Comscore Tracker

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal Ini

Pastikan barang bawaan lengkap ya, guys!

Jakarta, IDN Times – Touring merupakan salah satu kegiatan yang asik dan mampu menghilangkan rasa jenuh dan bosan akibat pekerjaan dan kegiatan lainnya, apalagi kalau touring bareng teman satu komunitas.

Nah, banyak orang yang kalau sudah touring biasanya suka semena-mena di jalan, seperti kebut-kebutan, seolah menjadi raja jalanan. Itu tidak baik lho guys.

Untuk itu, meski sedang touring, kamu juga perlu berhati-hati karena berkendara bersama-sama sangat jauh berbeda dengan berkendara sendirian, perlu kewaspadaan ekstra karena keselamatan menjadi prioritas bersama komunitas.

Berikut adalah beberapa tips aman berkendara dari Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI).

1. Periksa kondisi kendaraan sebelum touring

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal IniIDN Times/Chevrolet Indonesia

Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian, misalkan lampu, oli, kampas rem, ban, dan air wiper.

Selain itu, pastikan juga tidak ada komponen yang rusak atau bocor, seperti tangki bensin atau tangki oli mesin, dan komponen lainnya.

Bahan bakar juga penting lho, guys, jadi pastikan bahan bakar kamu cukup, kalau perlu ya sampai penuh. Jangan berpikiran bahwa di setiap tempat akan ada SPBU jadi isinya nanti saja.

Baca Juga: 5 Motor Touring Terbaik Buatan Pabrik Asal Jepang, Ada Apa Aja?

2. Rencanakan rute yang akan dilalui

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal Inimaion.com

Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaan darurat.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastikan bahwa Anda tetap berada di arah yang benar.

3. Siapkan barang bawaan dengan benar

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal Initurfco.com.au

Rencanakan barang-barang bawaan Anda untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi agar kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan.

Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat. Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi Anda tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi.

Jangan lupakan cemilan atau makanan ringan ya guys, karena lumayan sebagai pengganjel di saat lapar namun jarak perjalanan masih jauh menuju rumah makan terdekat.

4. Tetap tertib berlalu lintas

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal IniIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun tetap harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan yang lainnya.

Selain itu, rangkaian di depan sebaiknya menunggu anggota lain yang terputus karena lampu merah.

5. Pastikan komunikasi lancar

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal IniIDN Times/Chevrolet Indonesia

Berkonvoi dengan mobil memerlukan kemampuan berkendara secara teratur dan tertib selama di jalan dan pastinya sesuai dengan rangkaian acara yang sudah disusun.

Untuk menjaga kondisi teratur tersebut, menjaga komunikasi tiap kendaraan anggota menjadi aspek penting, termasuk navigasi dan koordinasi dalam perjalanan agar waktu menuju lokasi tujuan sesuai dengan susunan rangkaian acara.

Pastikan segala alat komunikasi dalam kondisi yang baik dan baterai sudah terisi penuh sebelum memulai perjalanan.

6. Berhenti di titik yang sudah ditentukan

Sebelum Touring Bareng Komunitas, Perhatikan 6 Hal IniIDN Times/Chevrolet Indonesia

Nah, selama perjalanan biasanya sering terjadi hal-hal tak terduga namun lumrah terjadi, misalkan seperti mual, atau ingin buang air kecil/besar, sehingga sering kali harus berhenti.

Karena itu, kamu harus menentukan titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan SPBU agar semua anggota bisa berhenti di tempat yang sama.

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga Badak

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You