Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengendarai Motor Baru

Jangan lupa dilakukan agar motor baru dalam kondisi prima

Jika kamu baru membeli motor, kamu harus sabar dulu sebelum membawanya melaju di jalanan. Mengendarai motor baru untuk kali pertama memang membuat penasaran, tapi harus ada perlakuan pada motor itu sebelum digunakan.

Kamu perlu memastikan motor berada dalam kondisi prima sebelum digunakan. Berikut lima hal yang perlu kamu lakukan sebelum mengendarai motor barumu.

1. Ganti semua cairan dalam motor

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengendarai Motor Barutwelfthroundauto.com

Sebuah motor bergantung pada beberapa cairan agar bisa berfungsi. Jika kamu berencana menggunakan motormu untuk keperluan sehari-hari, cairan seperti minyak rem, oli, dan pendingin mesin harus rutin diperiksa agar tidak timbul masalah nantinya.

Pastikan memeriksa pendingin mesin untuk mencegah motor panas. Jika motor mulai panas, bisa saja kamu menghabiskan banyak uang untuk memperbaikinya. Memeriksa cairan pada motor secara rutin bisa hemat banyak uang karena mencegah motor punya masalah yang lebih besar.

2. Periksa ban dan kampas rem

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengendarai Motor Barumotorcycle.com

Sebelum motor baru dikendarai, kamu harus memastikan motor dalam kondisi bagus. Periksa ban apakah dalam kondisi baik. Pastikan tidak ada benda yang menempel pada ban dan tekanan udaranya cukup.

Periksa kampas rem apakah layak digunakan. Jika kampas dalam kondisi aus, maka harus diganti. Ban dan kampas rem adalah bagian penting motor yang harus dalam kondisi sempurna sebelum dikendarai.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkel

3. Periksa sistem listrik dan lampu motor

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengendarai Motor Barudriving-test.org

Salah satu hal paling penting untuk diperiksa sebelum motor dikendarai adalah sistem listriknya. Aki motor perlu diperiksa sebelum motor baru dipakai melaju. Pastikan aki dalam kondisi bersih dan cairan elektrolit di dalamnya cukup.

Periksa lampu utama, lampu rem, dan lampu sein berfungsi dengan layak. Pastikan juga kamu memeriksa kabel-kabel motor sudah terpasang dengan benar. Jika tidak berfungsi secara layak, maka kamu harus menggantinya.

4. Periksa rantai dan suspensi motor

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengendarai Motor Barubegin-motorcycling.co.uk

Hal lain yang harus kamu periksa sebelum motor baru dikendarai adalah rantainya. Pastikan rantai motor dalam tegangan yang cukup, terlumasi, dan bersih untuk keamanan berkendara. 

Supaya motor terasa halus saat dikendarai, suspensi harus disesuaikan dengan gaya berkendaramu. Pastikan suspensi motor diatur agar pengendara nyaman. Hal ini akan membuat motor bisa dikendarai dengan lebih percaya diri.

5. Pakai perlengkapan keamanan

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengendarai Motor Barueconomictimes.com

Berkendara motor bisa berbahaya dan kamu harus punya perlengkapan keamanan agar tetap aman dan nyaman berkendara. Perlengkapan paling penting yang harus dipakai adalah helm full-face, jaket, celana panjang, sepatu, dan sarung tangan.

Bahan dan gaya perlengkapan keamanan itu bergantung pada pilihanmu sendiri, tapi pastikan kamu memakai perlengkapan keamanan itu setiap berkendara.

Ada banyak hal yang harus kamu periksa sebelum motor baru benar siap diajak melaju. Pastikan motormu dalam kondisi sempurna.

Baca Juga: Mau Touring Liburan? Ini 4 Tip Memilih Box Motor

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya