Comscore Tracker

5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkel

Jadi bisa hemat juga deh!

Punya motor bisa sangat menyenangkan. Motor adalah kendaraan yang sangat multiguna, mudah dikendarai, cocok untuk keperluan sehari-hari, dan biaya perawatan relatif murah. Prosedur perawatan umum untuk motor biasanya adalah penggantian oli dan filter udara.

Namun, perawatan tersebut biasanya dilakukan setelah motor menempuh jarak tertentu, maka perawatan itu tidak dilakukan terus-menerus meski penting. Berikut adalah lima cara perawatan motor yang rutin dan mudah dilakukan.

1. Bersihkan secara rutin

5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkelcyclesoup.com

Membersihkan motor secara rutin adalah prosedur perawatan yang mudah. Motor harus dicuci, dikeringkan, dan dipoles saat dibutuhkan. Menjaga kebersihan motor penting karena akan mencegah korosi dan kerusakan lain pada rangka motor.

Setelah perjalanan jarak jauh atau setelah lewat jalanan kotor, selalu cuci motor dengan air dan jangan sampai air masuk ke elemen mesin seperti filter udara, busi, dan lainnya. Setelah itu coba kendarai motor untuk menguapkan air yang menempel pada mesin agar tidak terjadi karat.

2. Periksa tekanan udara ban

5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkelmotorcycle.com

Memeriksa tekanan udara ban secara rutin juga prosedur perawatan lain yang mudah dilakukan. Kamu harus selalu memeriksa tekanan ban karena hal itu tidak hanya penting untuk keselamatan, tapi juga mengurangi frekuensi ganti ban.

Tekanan udara ban harus cukup agar motor bisa lancar melaju menopang bobot tubuh pengendara dan muatan tambahan lainnya. Periksa tekanan udara ban dengan alat pengukur tekanan udara atau lakukan secara manual untuk menemukan tekanan udara yang sesuai.

Baca Juga: Tip Aman Naik Motor Sports, Jangan Asal Ngebut 

3. Ganti oli dan cairan lain yang dibutuhkan motor

5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkeltwelfthroundauto.com

Oli mesin, cairan pendingin mesin, dan minyak rem adalah beberapa jenis cairan pada motor yang harus tercukupi jumlahnya. Jika kamu punya motor baru yang selalu digunakan setiap hari, ganti oli selang enam bulan sekali.

Minyak rem disarankan untuk diganti dua tahun sekali dan pendingin mesin harus diganti bergantung seberapa jauh motor melaju dan seberapa lama sudah digunakan. Hal-hal tersebut adalah perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor.

4. Bersihkan filter udara

5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkelscooter-planet.nl

Filter udara pada jenis kendaraan apapun adalah cara mesin bernapas, maka pastikan filter udara selalu bersih dan tidak rusak. Ada oli khusus untuk mencegah debu menempel pada mesin, sehingga filter udara tidak akan tersumbat.

Tindakan yang harus dilakukan hanyalah mencuci filter udara secara rutin dan mengeringkannya. Tergantung dimana motor dikendarai, biasanya filter udara harus diganti dua tahun sekali. Kerusakan apapun pada filter udara harus segera diganti.

5. Merawat busi

5 Tips Perawatan Motor yang Mudah Dilakukan Sendiri Tanpa ke Bengkelstartrescue.co.uk

Merawat busi bukanlah hal yang berat. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Busi harus segera dibersihkan ketika bagian kepalanya sudah hitam dan dipenuhi dengan arang sisa-sisa pembakaran. 

Untuk perawatan busi, satu utama hal yang dapat dilakukan adalah dengan menyikatnya, setelah terlebih dulu dilumuri dengan bensin. Busi yang penting dibersihkan, gunakan sikat agar keraknya rontok semua.

Itu tadi lima perawatan motor yang bisa kamu lakukan sendiri dengan ketelitian dan alat yang memadai, maka biaya perawatan motor bisa dihemat. Selamat berkendara!

Baca Juga: Harga di Bawah Rp17 Juta, Ini Rekomendasi Motor Bekas yang Keren 

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya