Comscore Tracker

5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!

Aki adalah sumber listrik utama motor, lho

Aki adalah adalah sumber listrik utama bagi motor. Masalah pada aki bisa membuat motor tidak berfungsi sama sekali. Metode terbaik untuk menghindari masalah aki motor adalah melakukan pemeriksaan rutin pada komponen itu.

Namun, penting juga untuk tahu tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa aki motor sedang bermasalah. Apa saja? Simak ulasannya!

1. Motor sulit dinyalakan

5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!roadrunner.travel.com

Jika motormu sulit dinyalakan, maka ini bisa menjadi indikasi utama adanya masalah pada aki. Seperti kendaraan mesin lainnya, motor perlu tenaga listrik untuk menyala yang hanya bisa disuplai oleh aki.

Jadi, jika setelah memutar kunci tapi perlu usaha lebih untuk menyalakan motor, atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali, artinya kamu perlu mengganti aki motor dengan yang baru.

2. Lampu dan klakson tidak berfungsi

5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!liveabout.com

Saat kamu mengendarai motormu, lampu dan klakson adalah dua alat yang sangat penting untuk memberi peringatan pengendara lain terhadap kehadiranmu secara cepat dan efektif.

Jika aki motormu mulai mengalami masalah, indikasi yang paling jelas adalah tidak bisa berfungsinya lampu dan klakson. Hal itu akan memicu bahaya di jalan, khususnya jika kamu berkendara di malam hari.

3. Komponen elektrik motor bermasalah

5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!rideapart.com

Kini, banyak model motor dilengkapi dengan beragam komponen elektrik seperti lampu indikator kecepatan dan bahan bakar yang perlu tenaga listrik dari aki motor agar bisa berfungsi. Jika komponen-komponen tersebut mati, maka penyebab yang bisa diduga adalah aki motor mulai bermasalah.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Bikin Aki Motormu Cepat Soak

4. Motor sudah lama tidak digunakan

5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!accentinns.com

Jika motormu sudah lama terparkir dan tidak dikendarai, bisa jadi itu alasan kenapa motor sulit dinyalakan. Hal itu juga jadi tanda yang jelas kalau aki motor perlu diganti dengan yang baru.

Maka penting untuk dipahami bahwa aki motor bisa rusak jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Motormu yang menganggur lama memicu aki kehilangan daya.

5. Tidak tahu kapan terakhir aki diganti

5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!geico.com

Salah satu indikator paling mudah mengatasi masalah pada aki adalah jika kamu tidak ingat lagi kapan terakhit kali aki motor diganti. Pada umumnya, aki motor dengan kualitas bagus bisa bertahan rata-rata selama empat tahun, sebelum mulai menunjukkan tanda-tanda bermasalah.

Jika aki motor sudah mulai menunjukkan tanda-tanda rusak, maka selanjutnya tidak akan bisa digunakan lagi. Disarankan untuk diganti yang baru agar fungsi motor tetap normal.

Itulah lima indikator umum yang menunjukkan bahwa aki motormu perlu diganti. Selalu periksa kondisi aki motor secara berkala agar tidak memicu masalah di jalan.

Baca Juga: 5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya