Comscore Tracker

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motor

Berkendaralah dalam kondisi bugar!

Harus diakui berkendara motor memang cukup melelahkan, apalagi jika menempuh jarak yang jauh. Mengantuk adalah salah satu pemicu fatal kecelakaan, bisa menyumbang 20 persen dari semua penyebab kecelakaan.

Banyak kejadian terekam pengendara motor mengantuk, kehilangan kendali, dan terjadi kecelakaan lalu-lintas. Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa mengatasi rasa kantuk saat berkendara motor? Simak ulasannya!

1. Tidur yang cukup

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motorthemotolady.com

Sebelum berkendara motor dengan jarak yang esok hari, sebaiknya kamu cukup tidur malam sebelumnya. Untuk alasan masuk akal, tidur cukup akan membuat tubuh pengendara lebih bugar, dan berdampak pada keselamatan di jalan.

2. Makan dengan porsi kecil

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motorhellomagazine.com

Makan dengan porsi kecil tapi sering, dan hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Dengan makan besar dan tinggi karbohidrat, lemak dan gula akan membuat tubuh melambat karena otak berkonsentrasi untuk mencerna makanan, maka pengendara motor akan merasa mengantuk di jalan.

3. Perbanyak minum air

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motorbyrnesagency.com

Pengendara motor harus banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi karena banyak diterpa angin. Hindari minuman yang banyak mengandung gula. Dehidrasi bisa memicu rasa pusing, kantuk, bingung, dan gerakan tubuh lambat.

Baca Juga: 6 Tips Persiapan untuk Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

4. Ambil rute jalan yang ramai

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motornewroadtour.com

Pilih rute jalan yang ramai dibanding jalan raya yang sepi. Jalan yang di kanan-kirinya penuh kegiatan akan membuat pengendara lebih berkonsentrasi karena harus lebih berhati-hati. Selain itu, jika terjadi sesuatu di jalan akan banyak orang yang merespon dan bertindak.

5. Jangan terlalu sering di belakang kendaraan lain

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motorlazymotorbike.eu

Jangan terlalu lama berada di belakang kendaraan lain. Jika relatif aman, lewati saja mereka. Di belakang kendaraan lain membuat fokus kita kurang dan memicu efek hipnotis yang membuat pengendara mengantuk. Lebih baik tingkatkan kecepatan motor agar kamu selalu waspada.

6. Istirahat di tengah perjalanan

6 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Selama Berkendara Motorholidify.com

Ambil waktu istirahat berkendara setidaknya setiap 2-3 jam. Gunakan waktu istirahat untuk ke toilet, makan, minum, atau tidur sejenak. Pada kondisi matahari terik, pengendara perlu waktu istirahat lebih sering karena akan lebih melelahkan dan perlu mengisi tenaga lagi.

Itulah tips agar kamu bisa mengatasi rasa kantuk selama berkendara motor. Istirahat yang cukup agar selamat di jalan.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyaman

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya