Comscore Tracker

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuat

Ada model Vespa yang tetap jadi idola hingga sekarang

Asal kamu tahu, pada tahun ini Vespa akan merayakan hari jadinya yang ke-73. Pabrikan motor jenis skuter asal Italia ini telah melahirkan terobosan brilian sejak berdiri pada 1946. Vespa telah menjadi raksasa industri otomotif dan menjadi ikon gaya yang menemani jutaan orang dalam perjalanannya.

Selama tujuh puluh tiga tahun berkecimpung dalam industri otomotif, Vespa telah menghasilkan begitu banyak model skuter. Ada banyak model yang bisa disebutkan, tapi berikut ini adalah sepuluh skuter klasik Vespa paling keren dan ikonik yang pernah dibuat.

1. 1946 Vespa 98 - Produk pertama

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Diperkenalkan pada publik pada April 1946, skuter Vespa 98 adalah pondasi awal yang menarik minat banyak orang. Bentuk unik yang mirip tawon (kata Vespa berarti tawon dalam bahasa Italia) telah menjadi karakteristik yang dikenal publik.

Penjualan Vespa 98 awalnya rendah, tapi kemudian terus meningkat seiring Vespa memperkenalkan metode pembayaran dengan cicilan, sebuah keputusan penting yang dibuat Vespa untuk membantu masyarakat Italia punya kendaraan. Pabrikan ini juga pernah meluncurkan model 98 versi balap yang diberi nama Vespa 98 Corsa Circuito.

2. 1949 Vespa 125 - Pengganti model 98

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Setelah berbagai riset pasar yang dimulai pada 1947, Vespa memutuskan menghentikan produksi model 98 dan memperkenalkan Vespa 125 sebagai penggantinya. Perubahan besar dibuat pada model ini, yakni suspensi tangan yang lebih ringan dan ditambah dengan kap mesin yang mudah dibuka.

Jika kamu sangat beruntung, sekarang masih bisa ditemukan model awal Vespa 125 tapi dengan harga yang sangat mahal, rentang harga terkini di AS saja sekarang lebih dari $6.000! Model ini juga pernah dibuat untuk versi balap dengan nama Vespa Circuito 125.

3. 1950 Vespa Monthlery - Si pemecah rekor

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Untuk ambil bagian dalam dunia balap, Vespa selalu aktif mempromosikan produknya di sirkuit. Pabrikan ini mengambil langkah penting pada 7 April 1950 dengan meluncurkan Vespa Monthlery yang memecahkan beberapa rekor kecepatan.

Vespa Monthlery mengaspal selama 10 jam berturut-turut untuk memecahkan 17 rekor dunia diantaranya 1 jam (rata-rata 134 km/h); 100 mil (rata-rata 129,7 km/h); 500 mil (rata-rata 123,9 km/h); 1.000 km (rata-rata 124,3 km/jam); dan selama 10 jam berhasil mencapai 1.049 km.

4. 1951 Vespa Siluro - Sang torpedo

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Setelah model Monthlery, Vespa terkena demam memecahkan rekor dan kemudian memutuskan untuk mengejar rekor paling prestisius, yakni The Flying Kilometre. Model baru dirancang untuk memenuhi tugas spesial tersebut, yakni Siluro. Kata Siluro dalam bahasa Italia berarti torpedo.

Model spesial ini sengaja dibuat agar memberi dampak promosi untuk Vespa. Dikendarai oleh Dino Mazzoncini, model Siluro memecahkan rekor The Flying Kilometre dengan mampu menempuh jarak 1 km hanya dalam 21,4 detik dengan kecepatan rata-rata 171,02 km/h. Bukan sebuah rekor yang buruk untuk skuter yang dibuat pada awal 1950-an!

5. 1955 Vespa 150 GS - Keindahan paripurna

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Banyak penggemar Vespa menyatakan bahwa model ini sebagai yang paling cantik yang pernah dibuat. Model 150 GS menarik minat banyak anak muda berkat tampilan sporty yang dirancang oleh tim balap Piaggio.

Dengan model ini, Vespa berhasil menyelaraskan mesin dengan tampilan skuter yang bagus. Sangat sulit untuk menemukan Vespa 150 GS sekarang ini. Sungguh beruntung orang yang masih memiliki model ini, karena biasanya dia tidak akan melepaskannya kecuali dengan alasan tertentu.

Baca Juga: Resmi, Vespa Limited Edition Ini Sudah Bisa Dimiliki di Indonesia

6. 1956 Vespa 150 Troupes Aèro Portèes (T.A.P) - Sang prajurit

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Vespa 150 T.A.P dibuat atas permintaan Kementerian Pertahanan Perancis. Hasilnya, sekitar 600 unit Vespa 150 dilengkapi dengan senapan M20 75 mm yang mampu menembak pada jarak tertentu. Model ini dikalangan penggemarnya dikenal sebagai 'Vespa Bazooka'.

7. 1957 Vespa 400 - Sebuah mobil Vespa!

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Mengejutkan, Vespa membuat sebuah mobil! Salah seorang pendiri Vespa, Corradini D'Ascanio selalu ingin merancang sebuah mobil karena dia tidak menyukai sepeda motor. Mobil ini diluncurkan pada 1957 dengan dibekali mesin 393 cc dua silinder, setara dengan 14 tenaga kuda.

Model ini hanya dibuat 30 ribu unit, karena persaingan dengan Austin Mini dan Volkswagen Beetle membuat Vespa 400 kehilangan daya tariknya. Sekarang model Vespa 400 sudah sangat jarang ditemukan, dan bila ada harganya pun mahal.

8. 1966 Vespa 90 Super Sprint - Klasik yang favorit

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Vespa 90 Super Sprint (90SS) banyak terjual karena mirip dengan skuter ikonik sebelumnya yakni 1955 Vespa GS. Fitur desainnya telah ditingkatkan dari versi sebelumnya dengan adanya kotak simpan dan ban serep. Model skuter ini menjadi favorit dikalangan penggemar Vespa garis keras karena keindahan dan jumlahnya yang sedikit.

9. 1967 Vespa 125 Primavera - Generasi selanjutnya

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Sebuah peningkatan menyeluruh pada desain dan performa menghasilkan cerita sukses selanjutnya dengan model Vespa 125 Primavera. Seperti biasa, skuter ini secara khusus menyasar generasi muda era 1960-an dengan slogannya 'With a Vespa you can be'.

Skuter model ini punya sasis lebih panjang yang membuatmu bisa leluasa membonceng orang. Dari masa ke masa tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan keliling kota dengan Primavera sambil membonceng orang yang kamu sayang.

10. 1969 Vespa Rally 180 - Si bocah bongsor

10 Skuter Klasik Vespa Paling Keren dan Ikonik yang Pernah Dibuatvespa.com

Lebih dari 26 ribu unit Vespa Rally 180 dibuat dari akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Model ini ada peningkatan pada mesin dan sasis yang membuatnya menjadi model skuter paling sukses saat itu. Dilengkapi dengan mesin 180 cc satu silinder, skuter ini mampu mencapai kecepatan maksimum 105 km/h.

Baca Juga: Lambretta, Legenda Skuter yang Bakal Merusak Pasar Vespa di Indonesia?

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You