Comscore Tracker

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Super

Motor bebek citarasa sport bike

Sepeda motor bebek pada awalnya dihadirkan untuk menyasar segmen low dan mid-end, dengan kapasitas mesin maksimal 110cc. Namun, seiring dengan waktu, banyak pabrikan yang merilis moped berkapasitas 125cc, bahkan 150cc, untuk menjawab keinginan konsumen akan motor bebek beraroma sport bike.

Di kalangan pencinta otomotif roda dua, motor bebek dengan mesin besar ini sering dijuluki sebagai bebek super. Nah, berikut tujuh motor bebek super yang telah mengaspal di pasaran.

1. Yamaha Jupiter MX 150

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Superoino.site

Merupakan salah satu keluarga dari seri Yamaha Jupiter. Di dalam situs resminya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut sepeda motor ini sebagai The King of Street.

Mengusung konsep Super Sport Design, Jupiter MX 150 didukung spesifikasi jeroan yang gak main-main. Pabrikan sudah membenamkan mesin 4-stroke, SOHC, 150cc, liquid-cooled, berkapasitas 150cc, dengan daya maksimal 11,3 kW pada putaran 8.500 rpm.

Selain dapur pacu yang oke, Jupiter MX 150 juga telah didukung desain yang eye catching dan fitur-fitur modern. Perusahaan tercatat memberikan Iconic LED lamp, Humanic Speedometer, dan ban yang diklaim terlebar di kelasnya.

2. Suzuki Satria F150

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Supertwgram.me

Motor ini diklaim sebagai salah satu kuda besi tercepat di kategori underbone 4-stroke. Pabrikan asal Jepang sendiri menghadirkan Satria F150 untuk menggantikan varian Suzuki FXR150, yang sempat didatangkan ke Indonesia via jalur CBU pada tahun 2000.

Di pasaran dalam negeri, Suzuki Satria F150 merupakan salah satu sepeda motor tipe ayago yang sangat populer. Pasalnya, kuda besi ini punya desain bodi yang futuristik, namun tidak meninggalkan kesan sporty.

Untuk sektor jantung pacu, seperti namanya, Satria F150 membawa mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, DOHC, liquid-cooled, 4 katup, berkapasitas 147,3cc. Dengan modal tersebut, motor ini dikatakan mampu memuntahkan daya 13,6 kW pada putaran 10.000 rpm via transmisi 6 speed.

3. Yamaha MX King 150

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Superpicluck.net

Sepeda motor ini meluncur perdana sekitar tahun 2015 lalu hingga sekarang. Awalnya punya lampu depan mirip Jupiter MX 150, MX King 150 versi paling anyar hadir dengan desain LED lebih sipit dan lampu sein terpisah yang terletak di sayap.

Di jantung pacu, MX King 150 juga menggendong mesin persis yang dibawa Jupiter MX 150. Kuda besi ini di atas kertas mampu mengeluarkan tenaga puncak 11,3 kW pada putaran 8.500 rpm dan mencapai torsi maksimal di angka 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm via transmisi manual 5 percepatan.

Baca Juga: Klasik! Ini 6 Motor Bebek 2-Tak Yamaha yang Pernah Rilis di Indonesia

4. Honda Supra GTR 150

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Superimgrumweb.com

Sepeda motor ini melakukan debut di pasar otomotif dalam negeri pada bulan Mei 2016 lalu di Cisarua, Bogor. PT Astra Honda Motor (AHM) agaknya menghadirkan Supra GTR 150 untuk mengganggu eksistensi Yamaha MX King 150 di segmen moped super.

Sesuai dengan segmen yang disasar, Supra GTR 150 hadir dengan tampilan yang sporty, full lekukan tegas di bagian bodi. Lampu depan membawa LED tipe Dual Layer Multi-Reflection, sedangkan bodi samping hadir cukup ramping.

Beralih ke bagian mesin, pabrikan membenamkan mesin 4-tak, DOHC, 4 katup, PGM-FI, berkapasitas 149,16cc. Motor ini diklaim sanggup meletupkan tenaga maksimal 12 kW pada putaran 9.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada putaran 6.500 rpm.

5. Honda Sonic 150R

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Superpicdeer.com

Jika Supra GTR 150 dihadirkan untuk bersaing dengan Yamaha MX King 150, maka Honda merilis Sonic 150R untuk beradu dengan Suzuki Satria F150. Pasalnya, sepeda motor ini juga membawa desain ayago, dengan kapasitas mesin yang setara.

Di dalam situs resminya, PT AHM bilang bahwa cuma motor ini yang bisa memberi biker kebebasan tanpa batasan. Didukung mesin 150cc, DOHC, 6-speed yang bertenaga, Sonic 150R bakal membuat siapa saja makin gokil di jalanan.

Gak cuma jeroan yang keren, desain Sonic 150R juga boleh diadu. Motor ini membawa tema futuristic light sport, dengan desain yang agak kaku mirip robot, bodi samping yang terpisah dengan cover mesin, dan buritan berbentuk meruncing.

6. SYM VF3i

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Superinsta-stalker.com

Dalam daftar ini, mungkin SYM VF3i yang membawa mesin berkapasitas paling besar. Gak tanggung-tanggung, perusahaan asal Taiwan sudah membekali sepeda motor ini dengan mesin berkapasitas 183cc, single cylinder, SOHC, 4 valves, pendingin cairan, berdaya 13,2 kW pada 8.500 rpm.

SYM sendiri merilis varian VF3i pada pertengahan 2018 kemarin. Sayangnya, sepeda motor ini tidak diluncurkan di Indonesia, melainkan di negara tetangga, Malaysia. Di pasar Negeri Jiran, pamor moped memang masih belum meredup. Sementara, di Indonesia, kejayaan sepeda motor bebek kian digerus kehadiran skuter matik dan motor sport berkapasitas menengah ke bawah.

7. Benelli RFS 150i

Bermesin Besar, 7 Motor Ini Dijuluki Bebek Superfacebook.com/Meloicestickerz

Gak cuma pabrikan Asia yang merilis sepeda motor bebek super. Perusahaan otomotif asli Italia, Benelli, juga gak mau kalah dengan meluncurkan model RFS 150i. Motor ini setidaknya sudah hadir di Vietnam dan Malaysia.

Kuda besi dengan aroma campuran Italia dan China ini meluncur perdana di Malaysia pada April 2017 lalu. Secara keseluruhan, desain yang diusung Benelli RFS 150i gak jauh berbeda dengan Yamaha MX King 150 atau Honda Supra GTR 150.

Di bagian jantung pacu, Benelli menanamkan mesin tipe 4-tak, silinder tunggal, pendingin cairan, berkapasitas 149,8cc, yang mampu memuntahkan tenaga 11,3 kW pada 8,500 rpm. Hebatnya, motor ini sudah mengusung spark plug alias tiga busi mirip Bajaj Pulsar 200NS.

Itulah beberapa motor bebek terbaik yang pernah ada. Andai diberi kesempatan, kamu pengen memiliki motor yang mana nih guys?

Baca Juga: Punya Fitur Bagus, Namun 6 Motor Bebek Kawasaki Ini Kurang Laris

Binar Photo Community Writer Binar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You