Comscore Tracker

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020

Bukan ganti warna dan stripping

Skuter matik masih menjadi model motor favorit orang di Indonesia. Tanpa perlu mengoper gigi, motor ini dapat melaju kencang. Memiliki banyak penggemar, dalam suasana pandemi COVID-19, sejumlah pabrikan tetap merilis skuter matik baru untuk pasaran domestik.

Berikut skutik baru yang meluncur di tanah air sepanjang tahun 2020. Ada yang sudah kamu miliki?

1. Yamaha All New Aerox 155 Connected 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/yamahaindonesia

Skuter ini dirilis Yamaha pada awal November 2020 secara virtual di akun Instagram resminya. Awalnya hadir dalam dua tipe dan dijual mulai Rp25,5 jutaan, perusahaan lalu merilis All New Aerox 155 Connected MotoGP Edition pada medio Desember 2020.

Salah satu yang khas dari motor ini adalah kehadiran fitur Y-Connect, yang sebelumnya terpasang di NMAX. Fitur tersebut dikatakan bisa terhubung dengan smartphone pemilik dan akan menampilkan info seputar kondisi motor, pelumas, layanan bengkel, dan lainnya.

2. Yamaha Gear 125 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/yamahaagungmotor

Setelah All New Aerox 155 Connected, Yamaha kembali melemparkan skutik baru untuk konsumen Indonesia. Bertajuk Gear 125, motor otomatis ini menyapa pada akhir November 2020, yang sekaligus memperluas pasar skuter matik Yamaha di kelas 125cc.

Dikutip dari situs resmi Yamaha Indonesia, Gear 125 saat ini tersedia dalam dua varian, yakni Gear 125 Standard Version dan Gear 125 S Version. Untuk model pertama dilepas Rp16,75 jutaan, sedangkan tipe kedua ditawarkan dengan harga Rp17,35 jutaan per unit.

3. Honda All New BeAT 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/papae.hureino

Mengawali tahun 2020, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis skuter matik terlaris mereka, All New BeAT. Walau mengusung nama yang sama, model ini menggunakan platform yang berbeda dari generasi sebelumnya, serta memakai mesin yang juga berbeda.

BeAT generasi kelima ini mengusung mesin 110cc, SOHC, injeksi, dikombinasikan teknologi eSP (enhanced Smart Power). Tersedia dalam tiga tipe dan menawarkan total sembilan pilihan warna, skutik ini dapat dipinang dengan harga mulai Rp16,45 jutaan.

4. Honda All New Scoopy 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/welovehonda_id

Selain BeAT, Honda juga menghadirkan All New Scoopy untuk pasar dalam negeri bertepatan dengan Hari Pahlawan 2020. Skuter bertampang retro tersebut sekarang memakai rangka enhanced Smart Architecture Frame yang juga diusung Honda Genio.

Mengutip situs resmi Honda, Scoopy generasi terbaru ini hadir dalam empat varian, yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Perusahaan mematok harga mulai Rp19,95 jutaan bagi mereka yang berminat memboyong sepeda motor otomatis tersebut.

Baca Juga: Skutik Mendadak Jadi Boros, Coba Cek 4 Komponen Ini  

5. Suzuki Nex Crossover 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/aant_otomotif

November 2020 tampaknya menjadi bulan favorit banyak pabrikan untuk merilis sepeda motor baru. Perusahaan asal Jepang lainnya, Suzuki, tidak mau ketinggalan dengan melemparkan Nex Crossover, skutik yang cocok untuk adventure dan berkendara di tanah.

Mengusung basis dari sang kakak, Nex II Cross, varian ini dibekali naked handle bar, digital instrument cluster, dimensi kompak, serta jok warna dual-tone yang atraktif. Suzuki sendiri memasarkan Nex Crossover dengan harga mulai Rp17,99 jutaan (on the road).

6. Vespa S 125 i-get 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020twitter.com/Vespa_IND

Model terbaru skuter Piaggio ini resmi mengaspal di Indonesia pada akhir Agustus 2020. Dibandingkan generasi sebelumnya, varian ini mengusung sejumlah perubahan, seperti tampilan yang lebih kekinian, lampu depan LED dan DRL, serta panel LCD bergaya modern.

Revisi lainnya adalah jok double-seat yang didesain ulang, menjadikan motor ini tampak lebih rendah dan menyempit. Ada pula tambahan polesan hitam matte dan glossy di spion, frame headlamp, dan pinggiran shield. Di Indonesia, skutik ini dijual Rp39 jutaan.

7. Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/edosoeprapto

Menyusul Vespa S 125 i-get, hadir pula Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced yang resmi mengaspal di Indonesia pada akhir September 2020. Berbeda dengan skutik kebanyakan, sepeda motor otomatis ini membawa tiga roda dan sudah dilengkapi dengan gear mundur.

Motor third wheeler ini membawa sejumlah fitur menarik, termasuk headlamp LED, rem ABS, roll lock pada suspensi depan, serta mesin jumbo dengan kapasitas 500cc. Untuk meminang skutik tersebut, kamu perlu merogoh kocek Rp360 jutaan.

8. Kymco X-Town 250i 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/deviantowahjoe

Pasar skutik Indonesia tidak hanya didominasi merek Jepang. Kymco, merek asal Taiwan, pun tidak mau ketinggalan dengan melemparkan model X-Town 250i. Dirilis pada Juli 2020, motor tersebut dihadirkan untuk bersaing di pasar maxi scooter dan dijual Rp62,5 jutaan.

Selang beberapa bulan, perusahaan melakukan penyegaran warna. Kehadiran warna Flat Deep Blue dan Matte Silver Crystal membuat X-Town 250i terkesan lebih futuristik dan mewah. Dengan warna baru, harga kuda besi ini naik Rp2 jutaan dari model sebelumnya.

9. Kymco GP 125 

9 Skutik Baru yang Rilis di Indonesia Sepanjang 2020instagram.com/tuna_riding_diary

Tidak hanya X-Town 250i, di saat yang bersamaan, dirilis pula Kymco GP 125 yang bermain di segmen entry-level. Kuda besi ini membawa desain khas skutik era 2000-an, dengan lampu depan mungil dan bentuk bodi yang kompak, pas melibas jalanan perkotaan.

Pabrikan tidak lupa menyematkan sejumlah fitur, seperti port charger USB, laci depan, serta bagasi penyimpanan dengan kapasitas cukup besar. Di pasaran tanah air, skuter yang dirakit secara CKD (Completely Knock Down) di Cikarang ini dijual Rp21,5 jutaan.

Sejak awal milenium ketiga, pasar skuter matik di Indonesia memang semakin berkembang, membuat banyak merek tertarik untuk menghadirkan unit-unit baru. Kita nantikan saja apa model teranyar yang akan dirilis.

Baca Juga: 5 Skutik dengan Bagasi Super Lega, Pas Banget Buat Musim Hujan

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya