Comscore Tracker

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa Tua

Bukan saja bentuk uniknya, Vespa tua juga menyajikan sensasi

Kepopuleran Vespa bisa dibilang gak ada matinya. Dari generasi bapak ibu dulu hingga sekarang Vespa malahan semakin diburu.

Mungkin karena bentuk unik dan ingin terlihat berbeda menjadikan para pencinta masih tetap ada bahkan bisa dikatakan terus bertambah nih. Memang legend banget motor 2-tak yang satu ini.

Nah, buat kamu yang ingin membeli Vespa tua khususnya yang tahun 70-an ada beberapa sensasi yang menyenangkan akan kamu rasakan dan sebaiknya kamu bersiap olehnya saat kamu ingin mempunyai motor Vespa. Check this out guys!

1. Kudu dimiringkan dulu sebelum dinyalakan pas mesin dingin

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa TuaUnsplash.com/@ivancortez14

Ini adalah kebiasaan yang wajib kamu lakukan sebelum Vespa tua mau dinyalakan pas mesin lagi dingin-dinginnya. Kamu harus memiringkan ke kanan agar mudah dihidupkan.

Hal ini dilakukan karena Vespa menggunakan karburator tipe tempel, di mana posisi bak bahan bakar di karburator berada di samping intake dengan mesin. Berbeda dengan mesin sekarang yang karburator yang berada di atas intake mesin. Dan menjadikan suplai bahan bakar jadi lancar.

Jika hal ini gak kamu lakukan, kemungkinan besar bakal susah buat menghidupkan Vespa tua kamu.

2. Gak boleh duduk di atas Vespa pas posisi standar tengah

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa TuaPixabay/greissdesign

Hayo siapa yang tahu alasannya kenapa? Yup, hal ini sebaiknya gak dilakukan karena alasan yang cukup simpel.

Karena kebiasaan itu bisa merusak dek bawah, bukan saja catnya yang bakal mengelupas ya. Tapi dek bisa juga menjadi gak simetris alias bengkok. Kan jadi sayang banget tampilan kece Vespa jadi berkurang.

Baca Juga: 5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa Tua

3. Jangan terlalu lama meninggalkan Vespa saat menggunakan standar samping

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa TuaPixabay/hhach

Bukan saja ada standar tengah, beberapa varian Vespa yang tahun 90-an ke atas sudah ada yang diberi standar samping. Berbeda dengan vespa 90-an ke bawah yang hanya diberi standar tengah.

Tapi ada juga kok yang menjual part custom berupa standar samping untuk semua varian Vespa. Dari hal ini kamu gak boleh meninggalkan Vespa saat di standar samping kelamaan, apalagi sudah memasang standar samping custom di Vespa tua kamu. Hal itu beralasan karena juga bisa merusak dek Vespa tua kamu.

4. Siapkan busi baru buat cadangan

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa TuaPixabay/cindydangerjones

Wajib kamu siapkan jika ingin mempunyai dan merawat Vespa tua. Gak mau kan, kalau tampilan kece kamu pas pergi sama gebetan jadi kucel gara susah menghidupkan Vespa yang mogok. Dan acara hangout-nya jadi batal. Nah, itu sebabnya kamu kudu siapkan kunci busi plus busi barunya ya.

Karena kebanyakan Vespa tua mogok karena businya yang mati. Jika Vespa kamu mogok tinggal ganti busi baru, tapi jangan lupa sebelum mencoba menyalakan miringkan dulu. Voila! Vespa hidup lagi, siap buat lanjut pergi sama gebetan deh.

5. Paling gak kudu erti soal mesin Vespa

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa TuaInstagram.com/scooterandservice

Mempunyai Vespa tua paling gak kudu mengerti sedikit tentang mesin. Biar gak sebal-sebal amat saat Vespa kamu lagi moody dan ambekan. Vespa yang masih bertipe mesin 2-tak cukup mudah kok buat dimengerti. Kamu bisa mempelajari dengan tutorial yang bejibun banyaknya di dunia maya.

6. Siapkan ban serep

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Kalau Kamu Punya Vespa TuaVespa Sprint 150 i-Gests ABS. IDN Times/Daruwaskita

Jika kamu gak merasakan gimana rasanya dorong kebo yang lagi ngambek mending siapkan ban serep deh. Bisa kamu tempatkan di rak ban variasi yang sudah dijual bebas atau untuk generasi px ke atas ada tempat ban di samping kiri bawah jok.

Dan untuk super sprint juga ada lho, berada di depan sebelah tuas rem belakang. Hal ini sangat membantu saat mengalami ban bocor. Tapi ada jalan lain kok, kamu bisa menggunakan ban tubetype dengan ban kekinian, yakni tubeless yang sekarang mudah banget ditemui untuk lingkar velg 10 ataupun 8 inci.

Itu dia guys, beberapa hal yang kudu kamu lakukan saat memilih memiliki dan merawat Vespa tua. Gak ribet-ribet kok kalau sudah jadi kebiasaan dan yang paling utama tetap keep riding safe ya.

Baca Juga: 4 Motor Ini Desainnya Mirip Vespa, Apa Saja Ya?

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Penikmat kopi saset an, punya satu IG yang sunyi di @budinyi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya