Comscore Tracker

Pilihan Ban Motor Buat Musim Hujan, Aman Berkendara

Ban motor bawaan pabrik sudah cukup aman

Jakarta, IDN Times - Hujan gak hanya membuat visibilitas biker menjadi sangat terbatas, tapi juga membuat jalanan menjadi licin. Sehingga perlu kehati-hatian ekstra saat berkendara di tengah hujan.

Karena itu pastikan ban motormu dalam kondisi prima. Sebab ban yang sudah botak pasti akan sangat licin saat digunakan di musim hujan. Perhatikan juga kembangan ban motormu, pastikan masih rapat ya.

Berikut ini adalah beberapa ban motor buat musim hujan agar perjalanan kamu tetap aman dan selamat sampai tujuan.

1. Kembangan yang rapat lebih menggigit aspal

Pilihan Ban Motor Buat Musim Hujan, Aman Berkendarasuzuki.co.id

Kembangan pada ban berfungsi sebagai jalur pembuangan air. Sehingga ketika melewati jalan basah atau genangan, ban motor bisa menapak ke aspal dengan sempurna. Bisa dibilang, kembangan pada ban bisa mencegah motor tergelincir saat melewati genangan.

Karena itu pastikan kembangan ban motormu masih sempurna dan belum terkikis. Pastikan juga genangan air yang kamu lewati tidak terlalu deras alirannya. Sebab ban motor harian tidak dirancang untuk melibas genangan tinggi.

Baca Juga: 3 Tanda Ban Motor Sudah Harus Diganti 

2. Ban dengan teknologi silica

Pilihan Ban Motor Buat Musim Hujan, Aman Berkendarailustrasi ban motor (unsplash.com/Harley-Davidson)

Kalau ban motormu sudah gundul, sebaiknya ganti dengan yang baru. Kalau bisa pilih ban yang telah menggunakan teknologi silica. Sebab ban jenis ini mampu mencengkram permukaan jalan dengan lebih kuat.

Ban dengan teknologi silica juga lebih aman digunakan di jalan yang licin dan basah. Selain itu ban silica juga lebih aman saat digunakan di jalur yang berkelok-kelok.

3. Ban bawaan pabrik

Pilihan Ban Motor Buat Musim Hujan, Aman BerkendaraWahana Honda

Ban bawaan pabrik sebenarnya sudah cukup aman digunakan di musim hujan. Sebab pabrikan pasti sudah melakukan riset sebelum meluncurkan motor mereka ke pasar. Harga ban bawaan pabrik juga biasanya lebih murah.   

Baca Juga: Tips Mengukur Tekanan Ban Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya