Comscore Tracker

Cara Cepat Upgrade Skutik, Biar Tarikan Lebih Responsif!

Biayanya gak mahal kok

Jakarta, IDN Times - Skuter matik atau skutik memang gak dirancang untuk kebut-kebutan, tapi untuk kenyamanan berkendara. Karena itu performa mesinnya pun gak begitu gahar.

Tapi bukan berarti skutik gak bisa kencang. Ada trik sederhana yang bisa kamu lakukan biar skutikmu lebih ngacir tanpa terlalu mengorbankan kenyamanan. Begini caranya..

1. Ganti roller yang lebih ringan

Cara Cepat Upgrade Skutik, Biar Tarikan Lebih Responsif!Ilustrasi CVT sepeda motor matik (Dok. IDN Times)

Roller berfungsi mengatur pergerakan sliding primary sheave. Kamu bisa memaksimalkan peran roller dengan mengganti dengan roller yang berbobot lebih ringan.

Misalkan roller dari pabrikan berbobot 15 gram, kamu bisa menggantinya dengan roller yang beratnya 12 gram. Cara ini akan membuat akselerasi skutikmu menjadi lebih responsif.

Baca Juga: Mau Ganti Shockbreaker Motor? Perhatikan 4 Bagian Ini

2. Mengganti per CVT

Cara Cepat Upgrade Skutik, Biar Tarikan Lebih Responsif!http://joevitosc.blogspot.co.id/2016/08/apakah-sobat-mempunyai-motor-matic.html

Selain mengganti roller yang lebih ringan, kamu juga bisa mengganti per CVT standar dengan per yang lebih keras dan panjang. Tujuannya agar akselerasi menjadi lebih spontan.

Banyak per CVT aftermarket yang bisa kamu pilih, pastikan dudukannya sesuai dengan per CVT bawaan pabrik motormu sehingga tidak perlu mengubah terlalu banyak.

3. Jangan sampa telat mengganti oli

Cara Cepat Upgrade Skutik, Biar Tarikan Lebih Responsif!Ilustrasi Spare Part Motor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ubahan apa pun yang kamu lakukan pada skutik akan sia-sia kalau kamunya sering terlambat mengganti oli. Sebab oli yang sudah terlalu lama tidak diganti selain membuat tarikan motor jadi berat juga bisa merusak mesin. So, kapan terakhir ganti oli?

Baca Juga: Plus Minus Ban Tubeless, Antigembos Tapi Berumur Pendek  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya