Comscore Tracker

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX King, Cek Plus Minusnya di Sini 

Cek plus minus keduanya di sini

Jakarta, IDN Times - Pertarungan motor bebek memang tak lagi seru. Sebab populasi motor ini tak banyak lagi. Pabrikan kini lebih suka memproduksi skuter matik. Alhasil, eksistensi motor bebek pun semakin tergerus.

Tapi bukan berarti motor bebek bakalan punah. Moped, begitu istilah untuk motor bebek, akan tetap ada. Sebab masih ada penggemar yang setia dengan motor jenis ini. Alasannya beragam.

Nah, buat kamu pencinta motor bebek, berikut dua bebek paling elite yang masih bisa kamu beli di dealer. Keduanya adalah Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King 155. Apa saja keunggulan dan kekurangan kedua motor tersebut?

1. Desain sama-sama sporty

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX King, Cek Plus Minusnya di Sini wahanahonda.com

Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King sama-sama hadir dengan desain yang sangat sporty. Keduanya juga sama-sama dibekali suspensi belakang monoshock ala motor balap. Kedua motor juga sama-sama menggunakan ban berukuran 17 inci. Hanya saja, ban depan Supra GTR 150 lebih besar.

Supra GTR 150 menggunakan ban depan berukuran 90/80 R17. Sementara Yamaha MX King menggunakan ban depan berukuran 70/90 R17. Keduanya sama-sama menggunakan ban belakang berukuran 120/70 R17. Keduanya juga sama-sama menggunakan suspensi depan telescopic.

Bisa dibilang keduanya cukup berimbang. Namun menurut kami desain Yamaha MX King 150 sedikit lebih sporty dibandingkan Supra GTR 150. Mungkin karena tameng depan MX King yang lebih berisi dibandingkan Supra GTR 150. Tapi ini sangat subjektif sekali. 

Baca Juga: Honda Supra GTR 150, Obat Bosan Buat Biker Skutik!

2. Performa mesin

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX King, Cek Plus Minusnya di Sini yamaha-motor.co.id

Supra GTR 150 dibekali mesin 150 cc silinder tunggal, 4-Valves, DOHC, berpendingin cairan. Mesin ini bisa memuntahkan tenaga hingga 16.09 PS pada 9000 dengan torsi maksimal 14.2 Nm pada 6500 RPM. 

Sementara Yamaha MX King, meski juga menggunakan mesin 150, namun masih mengadopsi SOHC. Sehingga tenaganya hanya sebesar 15,15 PS pada 8500 RPM dengan torsi maksimal 13.8 Nm pada 7000 RPM.

Dari catatan tersebut, bisa dibilang tenaga GTR 150 lebih besar. Hanya saja, untuk mencapai tenaga puncak, Supra GTR membutuhkan putaran mesin hingga 9000 RPM. Sementara Yamaha MX King hanya membutuhkan putaran mesin 8500 RPM untuk mencapai tenaga puncak.

Perbedaan lain juga ada pada jumlah transmisi. Supra GTR 150 dibekali transmisi 6 percepatan. Sementara Yamaha MX King 5 percepatan.

Sehingga Supra GTR 150 mungkin lebih panjang nafasnya namun MX King sepertinya lebih lincah.

3. Fitur unggulan

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX King, Cek Plus Minusnya di Sini wahanahonda.com

Seperti bebek-bebek lain, tak banyak fitur yang bisa dibanggakan dari kedua motor ini. Keduanya, meski sama-sama menggunakan rem cakram depan-belakang, namun belum dibekali sistem pengereman ABS.

Namun Yamaha MX King telah dibekali speedometer digital lengkap dengan tachometer. Sementara speedometer Supra GTR 150 masih analog dan minus tachometer. Namun Supra GTR 150 sudah menggunakan lampu LED di bagian depan. Sementara Yamaha MX King masih memakai bohlam hologen.

4. Perbedaan harga

Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX King, Cek Plus Minusnya di Sini YIMM

Untuk menambah kebingungan, harga kedua motor ini pun tidak jauh berbeda. Honda Supra GTR 150 dibanderol Rp24,44 juta. Sementara Yamaha MX King 150 dibanderol Rp 24,58 juta. Kedua harga tersebut sama-sama on the road Jakarta. Selisih harganya tipis banget, kan?

So, semakin bingung memilih atau malah sebaliknya? Sejujurnya, Supra GTR 150 atau Yamaha MX King memang pilihan sulit!  

Baca Juga: Daftar Lengkap Motor Bebek Yamaha, Harganya Mulai Rp16 Jutaan!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya