Comscore Tracker

Ini Daftar Harga Motor Listrik Saat Subsidi Rp6,5 Juta Diberlakukan

Harganya jadi mulai Rp17 jutaan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan memberikan subsidi untuk setiap pembelian motor listrik mulai tahun depan. Subsidi yang diberikan lumayan besar, yakni Rp6,5 juta. Menggiurkan banget, kan?

Kebijakan ini tentu saja digulirkan untuk mempercepat penetrasi motor listrik di tanah air. Nah, berikut daftar motor listrik yang saat ini sudah beredar di Indonesia beserta harga saat ini dan harga saat subsidi diberlakukan nanti.

1. Gesits

Ini Daftar Harga Motor Listrik Saat Subsidi Rp6,5 Juta Diberlakukangesits.co.id

Gesits merupakan motor listrik hasil kerja sama ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) dan Garansindo Group. Sehingga bisa dibilang motor ini made in Indonesia alias bikinan anak bangsa.

Motor listrik ini pertama kali meluncur pada pameran IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) 2019 dan langsung mendapat sambutan meriah. Sebab spesifikasinya lumayan mumpuni, lho.

Gesits dibekali baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ampere Hour (AH). Bekerja di tegangan 96 volt DC, motor ini dapat dibawa berkendara dengan daya hingga 5 kW (6,7 hp) pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 30 Nm di putaran mesin 3.600 rpm.

Gesits ditawarkan dalam tiga varian warna, yaitu hitam, putih, dan merah. Ketiga varian motor ini kini sama-sama ditawarkan seharga Rp27,97 juta dilansir dari official store Gesits di e-commerce On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Nah, jika subsidi pemerintah nanti jadi dibelakukan, maka harga Gesits akan menjadi Rp21,4 jutaan. Murah banget, kan? 

Baca Juga: Mulai Tahun Depan, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta!

2. United T1800

Ini Daftar Harga Motor Listrik Saat Subsidi Rp6,5 Juta DiberlakukanDua motor listrik baru dirilis United E-Motor (dok. United E-Motor)

Motor listrik lainnya yang sudah bisa kamu beli adalah United T1800. Motor ini pertama kali muncul pada 2020 silam. Motor listrik bongsor ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 60V 28 Ah yang bisa menghasilkan kecepatan puncak hingga 70 km/jam.

Dibekali dengan tenaga listrik garapan Bosch, motor listrik ini mampu mencapai 60km dengan rata-rata kecepatan 50-60km/jam dan torsi maksimum 27 Nm. Motor listrik yang juga buatan anak bangsa ini, dibanderol Rp27 juta OTR Jakarta.

Saat subsidi motor listrik diberlakukan, harga United T1800 akan menjadi Rp20,5 juta saja/

3. NIU Gova 03

Ini Daftar Harga Motor Listrik Saat Subsidi Rp6,5 Juta DiberlakukanNIU Gova 03 (dok. NIU)

Motor listrik asal China, NIU Gova 03 resmi meluncur di Indonesia pada ajang IIMS Hybrid 2021. Tipe ini merupakan seri entry level dari kedua unit lainnya, yaitu NIU NQI Sport dan NIU NGT.

Secara spesifikasi, NIU GOVA 03 diberikan baterai lithium Iron Phosphate berkapasitas 60V dan motor listrik dengan kekuatan maksimal 2.000 W. Dengan spesifikasi tersebut, motor listrik ini mampu menempuh kecepatan 60 km per jam dan jarak tempuh hingga 70 km.

Unit NIU Gova 03 dibanderol di angka Rp23,8 jutaan untuk wilayah DKI Jakarta. Sehingga saat subsidi motor listrik diberlakukan, harganya akan terpangkas menjadi Rp17,3 juta.

So, mari menabung dulu! 

Baca Juga: United E-Motor Rilis Dua Motor Listrik Baru, Jarak Tempuhnya 120 km

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya