Comscore Tracker

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Memicu Kebakaran Motor 

Powerbank salah satunya

Jakarta, IDN Times - Banyak insiden tak terduga terjadi di jalan, salah satunya motor terbakar. Insiden motor terbakar antara lain terjadi beberapa waktu lalu di salah satu ruas jalan di tanah air. 

Dalam video yang beredar viral, terlihat satu unit motor berwarna merah habis dilahap api. Tak banyak yang bisa dilakukan warga di lokasi sebab api terlalu besar untuk dipadamkan. 

Belum diketahui apa yang menyebabkan motor tersebut mendadak terbakar. Namun ada beberapa alasan kenapa motor bisa terbakar. Berikut beberapa di antaranya.

1. Powerbank

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Memicu Kebakaran Motor androidauthority.net

Powerbank berfungsi mengisi ulang baterai handhpone. Di dalamnya biasanya terdapat baterai lithium. Jenis baterai ini lumayan rentan terhadap panas.

Banyak kasus powerbank mendadak meledak. Karena itu sejumlah maskapai penerbangan melarang penumpang membawa powerbank dengan kapasitas tertentu ke dalam kabin maupun bagasi.

Nah, untuk berjaga-jaga, sangat disarankan untuk tidak menyimpan powerbank di dalam bagasi motor, ya.

Baca Juga: Jangan Berani Kredit Motor Kalau Tiga Urusan Ini Belum Kelar

2. Modifikasi kelistrikan

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Memicu Kebakaran Motor Unsplash/Fancycrave

Salah satu bagian motor yang paling sering dimodifikasi adalah headlamp atau lampu depan. Banyak yang menggantinya dengan lampu-lampu kekinian seperti LED dan projector.

Penggantian lampu ini harus dilakukan dengan benar. Sebab, jika ada pemasangan kabel yang salah, bisa-bisa motor kamu malah terbakar.

3. Kebocoran bahan bakar

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Memicu Kebakaran Motor Ilustrasi tangki bensin sepeda motor. IDN Times/Paulus Risang

Penyebab lain kebakaran motor adalah bocornya bahan bakar. Kebocoran bisa terjadi pada tangki bahan bakar. Bisa juga dari selang bensin.

So, kalau kamu mencium bau bensin, lekas matikan mesin dan periksa dari mana bau bensin tersebut berasal.

4. Mesin terlalu panas

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Memicu Kebakaran Motor Dok. IDN Times/Istimewa

Mesin terlalu panas juga bisa menjadi penyebab lain terbakarnya motor. Karena itu pastikan temperatur mesin motor mu dalam batas yang aman.

Oya, salah satu penyebab mesin panas adalah radiator yang tidak berfungsi dengan baik. Selain itu kebiasaan menahan rpm tinggi juga bisa menjadi penyebab lain naiknya temperatur mesin.

Baca Juga: Sejarah Motor Scrambler, Nenek Moyangnya Motor Trail

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya