Comscore Tracker

Jangan Berani Kredit Motor Kalau Tiga Urusan Ini Belum Kelar

Memangnya sudah punya dana darurat?

Jakarta, IDN Times - Membeli motor secara kredit memang menggiurkan. Sebab kamu bisa membawa pulang motor baru hanya dengan membayar sekian persen dari total harga motor tersebut. Apalagi prosesnya juga cepat dan tanpa pengecekan yang berbelit.

Gak mengherankan jika kini lebih banyak motor terjual secara kredit. Tapi tahu gak sih kalau ada beberapa hal yang harus kamu kelarin terlebih dahulu sebelum mengambil kredit motor?

Nah, berikut tiga hal yang harus kamu selesaikan sebelum mengambil kredit motor supaya kondisi finansialmu gak berantakan karena cicilan seperti dikutip dari lifepal.

1. Simpanan dana darurat sudah cukup

Jangan Berani Kredit Motor Kalau Tiga Urusan Ini Belum Kelarsahabatpegadaian.com/Tabungan Emas

Dana darurat adalah dana yang kamu siapkan setidaknya untuk bertahan hidup selama enam bulan ke depan. Besaran dana darurat minimal 6 x besaran gajimu. Jadi kalau gajimu Rp4 juta, maka dana darurat minimal yang harus kamu siapkan sebesar Rp24 juta.

Dana ini penting banget, apalagi di masa pandemik COVID-19 yang serba gak menentu ini. Bayangin aja kalau tiba-tiba kamu dipecat atau gajimu dipotong 70 persen. Dengan adanya dana darurat, setidaknya kamu masih bisa survive untuk enam bulan ke depan. Itulah pentingnya dana darurat ini.

So, sebelum memutuskan mencicil motor baru, sebaiknya kelarin dulu urusan dana darurat ini, ya!

Baca Juga: Mau Mengambil Kredit Mobil Syariah? Ini Syarat-syaratnya

2. Siapkan uang muka tertinggi

Jangan Berani Kredit Motor Kalau Tiga Urusan Ini Belum KelarIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Setelah menabung buat dana darurat, silakan mengambil kredit motor. Tapi sebisa mungkin ambil kredit dengan skema uang muka tertinggi. Sebab, dengan membayar uang muka tertinggi, maka cicilan per bulan akan lebih ringan.

Tapi, kalau uang muka baru terkumpul 10 persen, sebaiknya menabung lagi aja. Setidaknya uang muka minimal 30 persen. Dengan begitu cicilan gak akan memberatkan bulananmu.

3. Cicilan gak boleh lebih besar dari 35 persen gaji

Jangan Berani Kredit Motor Kalau Tiga Urusan Ini Belum KelarIlustrasi gaji (IDN Times/Dok)

Hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum mengambil kredit motor adalah besaran cicilan. Pastikan besaran cicilan tidak lebih besar dari 35 persen gajimu. Misal gajimu Rp4 juta, maka cicilan maksimal yang aman kamu ambil sebesar Rp1,4 juta. Ini dengan asumsi tidak ada utang atau kredit lain yang harus dibayar setiap bulan, ya. 

So, sudah siap mengambil kredit motor?

Baca Juga: Mau Kredit Honda ADV 150? Ini Cicilan Teringan dan Tersingkatnya 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya