Comscore Tracker

Spesifikasi Motor Suzuki Ecstar, Bisa Melesat Hingga 340 KPJ!  

Akankah Suzuki mempertahankan gelar juara mereka?

Jakarta, IDN Times - Suzuki Ecstar Team akhirnya memperkenalkan motor mereka yang akan turun di ajang MotoGP musim 2021 pada pekan pertama Maret.

Motor GSX-RR yang ditunggangi juara dunia musim 2020 Joan Mir ini tampil lebih fresh meski livery tak banyak berubah dari musim lalu.

Hanya ada pembeda yang cukup menyita perhatian, yakni hadirnya logo Monster Energy di sisi kiri-kanan bawah fairing.

1. GSX-RR masih menggunakan mesin musim lalu

Spesifikasi Motor Suzuki Ecstar, Bisa Melesat Hingga 340 KPJ!  suzuki-racing.com

Suzuki masih akan menggunakan mesin yang mereka gunakan musim lalu untuk bertarung di musim baru ini. Karena itu karakter GSX-RR sepertinya tidak akan mengalami banyak perubahan.

Mesin tersebut berkubikasi 1.000 cc empat silinder segaris dengan empat katup per silinder, berpendingin cairan, dan tentu saja sudah DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 240 daya kuda. Coba tebak berapa top speed motor ini? Yup, 340 kilometer per jam (KPJ).

Baca Juga: Yuk Intip Harga Sparepart Motor MotoGP, Satu Unit Mesin Rp5 Miliar!

2. Sasis aluminium dengan suspensi terbaik

Spesifikasi Motor Suzuki Ecstar, Bisa Melesat Hingga 340 KPJ!  suzuki-racing.com

Sisi lain yang menarik dari GSX-RR ada pada sasisnya yang terbuat dari twin spar aluminium yang sangat kuat tapi ringan.

Sementara suspensinya dan lengan ayunnya disuplai oleh pabrikan beken Ohlins, sehingga sangat nyaman dan stabil banget di trek berliku-liku.

3. Roda dan rem

Spesifikasi Motor Suzuki Ecstar, Bisa Melesat Hingga 340 KPJ!  Suzuki Ecstar di MotoGP 2021. motogp.com

Sekarang lihat lihat sistem pengereman motor ini yang ternyata menggunakan rem karbon Brembo dengan diameter 320 mm atau 340 mm.

Suzuki juga telah menyiapkan cakram khusus untuk menghadapi trek basah. Jadi pembalap bisa tetap percaya diri memacu motor di bawah guyuran hujan.

Oya, motor ini menggunakan ban dari sponsor resmi MotoGP, yakni Michelin berukuran 17 inci. Hebatnya ada fitur type air pressure sensor yang bisa mengecek tekanan angin pada kedua ban.

Canggih banget, ya!

Baca Juga: 5 Teknologi Ini Ternyata Warisan dari MotoGP 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya