Comscore Tracker

Harus Pakai Pertamax, 4 Tips Ini Bisa Bikin Yamaha NMAX Jadi Irit  

Siapa bilang skutik besar boros bensin?

Jakarta, IDN Times – Salah satu motor yang nyaman dikendarai adalah Yamaha NMAX. Sebab posisi berkendara skutik bermesin 155 cc ini cukup nyaman. Selain itu fitur keamanannya juga lengkap.   

Tapi banyak yang meragukan efisiensi bahan bakarnya. Maklum saja, sebab Pertamina baru saja menaikkan harga pertamax dari semula Rp9 ribu menjadi Rp12.500 per liter untuk daerah Jakarta. Selain itu, penggunaan Pertalite juga akan dibatasi melalui aplikasi MyPertamina.

Kenaikan harga dan pembatasan ini membuat banyak pengendara harus merogoh saku mereka lebih dalam untuk membeli Pertamax. Tapi ada cara menghemat konsumsi bensin, lho. Nah, berikut tips agar Yamaha NMAX pun tetap irit bahan bakar.

1. Pastikan motor dalam kondisi prima

Harus Pakai Pertamax, 4 Tips Ini Bisa Bikin Yamaha NMAX Jadi Irit  Ilustrasi Yamaha NMAX, tinggi bodi dan tinggi jok nya lebih unggul dibanding PCX (yamaha-motor.co.id)

Penyebab borosnya bahan bakar biasanya karena motor tidak dalam kondisi prima. Karena itu pastikan mesin motormu tidak sedang bermasalah. Untuk itu kamu bisa melakukan servis rutin di bengkel.

Selain itu cek pula kondisi ban, pastikan tidak kurangan angin dan tidak botak. Sebab ban yang prima akan lebih menggigit aspal lebih akselerasi lebih yahud dan konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit. 

Oya, cek juga kondisi oli. Tambahkan jika kurang dan ganti jika sudah waktunya. Cek juga filter udara, pastikan tidak kotor atau bocor. Sebab masalah pada filter udara bisa berujung pada borosnya bensin.

Baca Juga: Test Ride Yamaha Fazzio ke Gunung: Tarikan Ringan, Bensinnya Irit!

2. Riding style

Harus Pakai Pertamax, 4 Tips Ini Bisa Bikin Yamaha NMAX Jadi Irit  Yamaha Indonesia

Nah, setelah kondisi motor prima, kini saatnya membenahi cara berkendara atau riding style. Kalau kamu ingin konsumsi bahan bakar motormu irit, hindari berkendara secara agresif dengan menarik tuas gas secara mendadak.

Putar tuas gas secara bertahap dan perlahan, dengan begitu laju motor akan terasa lembut dan konsumsi bensin akan lebih irit. 

3. Motor bukan gudang

Harus Pakai Pertamax, 4 Tips Ini Bisa Bikin Yamaha NMAX Jadi Irit  Twitter.com/imam_15

Tips lain agar konsumsi bensin menjadi lebih irit adalah jangan membawa barang secara berlebihan. Sebab membawa barang tak perlu hanya akan membebani sepeda motormu, membuat tarikan lebih berat, sehingga bahan bakar pun terbakar lebih banyak. So, pilih barang secara selektif, ya.

4. Manfaatkan fitur yang ada

Harus Pakai Pertamax, 4 Tips Ini Bisa Bikin Yamaha NMAX Jadi Irit  yamaha-motor.co.id

FYI, motor-motor Maxi Yamaha, termasuk NMAX, telah dilengkapi teknologi dan beberapa fitur fungsional untuk menekan konsumsi bahan bakar tanpa mengurangi performa. Beberapa fitur tersebut antara mesin Blue Core, fitur Stop & Start System, hingga fitur Eco Riding indicator pada speedometer,

Untuk Eco Riding Indicator pada aplikasi Y-Connect, fitur satu ini dapat ditemukan pada All
New NMAX 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected. So, kini touring tak perlu lagi sering-sering menengok indikator bensin!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Spion Yamaha NMax Aftermarket, Dijamin Makin Ganteng!  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya