Comscore Tracker

Perlu Dirawat, Inilah 5 Komponen Motor yang Harus Rutin Diganti

Lampu ternyata juga perlu diganti!

Semakin lama, performa motor kita akan semakin menurun. Apalagi jika kamu rutin berkendara jarak jauh. Agar motor kamu dapat berfungsi maksimal, ada beberapa komponen yang perlu rutin diganti. Apa saja komponen-komponen yang perlu diganti? Simak di bawah ini ya!

1. Oli mesin

Perlu Dirawat, Inilah 5 Komponen Motor yang Harus Rutin Diganticarfromjapan.com

Oli mesin adalah komponen yang vital pada sepeda motor. Selain sebagai pendingin mesin, oli juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam mesin agar terhindar dari benturan dan goresan. Maka dari itu, oli adalah komponen yang wajib diganti sebulan atau dua bulan sekali.

2. Ban

Perlu Dirawat, Inilah 5 Komponen Motor yang Harus Rutin Digantipixabay.com/eliasbuty

Ban bagaikan kaki pada sepeda motor. Performa ban harus dijaga setiap saat sehingga terhindar dari kecelakaan. Jika ban kamu sudah mulai "botak," maka kamu harus menggantinya agar tak tergelincir saat berkendara di waktu hujan. Gantilah ban kamu secara bergantian atau sekaligus bersamaan agar terhindar dari kecelakaan. 

Baca Juga: 5 Cara Simpel Menjadi Pengendara Motor yang Santun, Terapin Yuk!

3. Aki

Perlu Dirawat, Inilah 5 Komponen Motor yang Harus Rutin Digantipixabay.com/Capri23auto

Aki bagaikan sistem syaraf yang bertugas mengurus kelistrikan pada sepeda motor. Jika aki kamu soak, maka kamu tidak akan bisa menggunakan lampu dan hal ini sangat berbahaya terutama pada malam hari. Pada umumnya, aki harus diganti setiap 1,5 hingga 2 tahun sekali. 

4. Lampu kendaraan

Perlu Dirawat, Inilah 5 Komponen Motor yang Harus Rutin Digantipixabay.com/7085841

Lampu kendaraan berfungsi untuk membantu kita pada malam hari. Karena fungsinya yang vital, lampu juga harus diperhatikan kondisinya dan diganti rutin. Tergantung pemakaian, lampu kendaraan rata-rata dapat bertahan selama 1-1,5 tahun. 

Lampu kendaraan ini erat kaitannya dengan aki kamu. Jadi jangan lupa untuk mengecek aki dan kondisi lampu sebelum berkendara pada malam hari. Jika ada gangguan, kamu harus langsung menggantinya.

5. Kanvas atau kampas

Perlu Dirawat, Inilah 5 Komponen Motor yang Harus Rutin Digantipixabay.com/Paul_Henri

Kanvas adalah komponen yang penting untuk sistem pengereman motor kamu. Tergantung pemakaian, kamu harus secara berkala mengganti kanvas rem motor setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Jika tidak, maka fungsi pengereman akan terganggu dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Nah, itu dia 5 bagian motor yang perlu dirawat dan diganti secara rutin. Pastikan kamu mengecek kelima bagian ini sebelum berkendara ya!

Baca Juga: 4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Evan Yulian Philaret Photo Community Writer Evan Yulian Philaret

A language enthusiast and caffeine addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You