Comscore Tracker

Motor Ditinggal Mudik Lebaran, Jangan Lupa Lepas Aki

Jangan sampai harus mampir ke tukang aki setelah balik mudik

Jakarta, IDN Times - Hari Lebaran 2022 sudah semakin dekat. Buat kamu yang berencana mudik ke kampung halaman dan meninggalkan motor kesayangan di rumah, ada hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, nih. Karena mudik lebaran biasanya memakan waktu cukup lama, malah bisa lebih dari satu minggu.

Kalau setelah seminggu kamu baru pulang ke rumah, bisa-bisa motor kamu gak bisa dinyalakan karena akinya tekor. Kalau motor yang ada kick starter alias engkol sih gak masalah, tapi kalau motor kamu gak ada kick starter-nya, mau gak mau harus cari aki baru atau mengisi daya aki yang soak di tukang aki terdekat.

1. Aki bisa tekor walaupun motor tidak dinyalakan

Motor Ditinggal Mudik Lebaran, Jangan Lupa Lepas AkiPxabay

Walaupun motor tidak dihidupkan sama sekali saat ditinggal mudik, tetapi kemungkinan aki tekor akan tetap ada. Hal itu karena walaupun mesin dalam keadaan mati tetapi komponen kelistrikan pada motor masih bisa menyedot arus listrik dari aki.

Maka dari itu lama kelamaan arus yang ada di aki akan habis dan membuatnya tekor, karena aki hanya bisa mendapatkan suplai listrik ketika motor dinyalakan atau digunakan saja.

Baca Juga: Step by Step Memasang Aki, Biar ECU Gak Jebol

2. Mudik berapa lama yang harus melepas kutub aki?

Motor Ditinggal Mudik Lebaran, Jangan Lupa Lepas AkiIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Nurjito, Kepala Bengkel AHASS Wahana Artha, Ciputat, Tangerang Selatan menjelaskan kondisi seperti apa yang membuat kamu harus melepas kutub aki motor. "Kalau mudiknya hanya sebentar misalnya 4 hari ke bawah, itu gak perlu sampai melepas aki," kata Nurjito saat dihubungi IDN Times (26/4/2022).

Kalau kamu melakukan perjalanan mudik yang cukup lama, di atas 5 hari, barulah wajib melepas kutub aki di motor biar enggak tekor.

3. Cara melepas-pasang aki motor yang benar

Motor Ditinggal Mudik Lebaran, Jangan Lupa Lepas Akihttps://www.google.com/search?tbs=sbi:AMhZZitouCmuIr0j7Np-QS

Sebelum melepas kutub atau konektor aki di motor, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara melepasnya yang benar. Karena salah melepas pasang kutub aki bisa menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting.

Untuk melepaskan aki, yang harus kamu lepaskan pertama kali adalah kutub negatif, baru dilanjutkan oleh kutub positif. Membedakan kutub negatif dan positif ini sebenarnya cukup mudah, karena biasanya kutup positif aki ditutup dengan karet berwarna merah.

Nah untuk memasangnya kembali lakukan kebalikannya, yaitu memasang kutub positif terlebih dahulu baru disusul kutub negatif.

Baca Juga: Cara yang Benar Jumper Aki Mobil Soak

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya