Comscore Tracker

Yuk Coba 3 Latihan Sepeda Ala Atlet Ini, Biar Gowesan Semakin Efisien 

Latihan-latihan ini penting, tapi banyak yang gak tahu

Jakarta, IDN Times - Bersepeda memang tergantung niat. Kalau niatnya hanya ikutan tren, maka gowesnya pun angin-anginan. Tapi kalau niat bersepeda untuk menjaga kesehatan, gowesnya pasti akan lebih niat. Apalagi kalau niatmu bersepeda untuk mengejar masa depan.

Namun apa pun niatnya, pada akhirnya semua akan ditentukan oleh stamina dan daya tahan tubuh. Semakin kuat tubuhmu, semakin jauh pula jarak yang bisa kamu tempuh dan semakin kencang juga kayuhan sepedamu.  

Nah, biar kayuhanmu semakin bermakna..upss..maksudnya bertenaga, coba deh ikuti tiga tips sederhana berikut.

1. Latihan cadence

Yuk Coba 3 Latihan Sepeda Ala Atlet Ini, Biar Gowesan Semakin Efisien pixabay.com/skitterphoto

Latihan cadence atau latihan jumlah putaran dalam semenit dinilai sangat efisien untuk goweser non-atlet. 

FYI, cadence artinya adalah jumlah putaran pada pedal sepeda dan latihan cadence merupakan latihan yang bertujuan untuk mengoptimalkan efisiensi bersepeda.

Dalam latihan ini tentu saja ada batasan jarak tempuh, untuk goweser pemula disarankan menempuh jarak pendek sejauh 10-20 km saja. Inget ya, goweser pemula gak boleh dipaksa lebih dari itu.

Latihan ini selain bisa membuat kayuhanmu menjadi semakin efektif, juga akan membuatmu lebih sanggup melahap tanjakan, loh.

2. Latihan power

Yuk Coba 3 Latihan Sepeda Ala Atlet Ini, Biar Gowesan Semakin Efisien IDN Times/Dwi Agustiar

Tips yang kedua adalah latihan power. Latihan ini sangat penting bagi goweser pemula untuk menunjang stamina saat bersepeda agar bisa unjuk gigi di medan menanjak.

Latihan ini berfokus pada power yang digenjot saat mengayuh sepeda, walaupun latihan ini wajib bagi para atlet. Namun gak ada salahnya kamu goweser pemula mencoba.

Akan sangat ideal jika kamu melatih powermu di medan rolling atau jalanan yang cenderung turun naik.

Bila goweser menggunakan sepeda MTB, maka disarankan gunakan rasio gear depan 36 dan gear belakang 17. Goweslah selama 1 jam dengan cadence atau rpm 60 sampai 80 putaran per menit sampai terbiasa.

3. Latihan interval

Yuk Coba 3 Latihan Sepeda Ala Atlet Ini, Biar Gowesan Semakin Efisien flickr.com/NYCeWheels Bike Shop

Mungkin latihan interval terdengar gak umum bagi goweser pemula, namun nyatanya melatih interval sangatlah penting selain untuk mengatur pernapasan juga agar bisa break (istirahat mengayuh).

Kalau kamu sering lihat kenapa atlet sepeda terkadang melaju sendiri meninggalkan kontestan di belakangnya, itu karena atlet tersebut harus mengambil jeda break-nya.

Oya, Kamu bisa memulai latihan interval ini dengan mengayuh sekuat-kuatnya selama 30 detik, kemudian recovery dengan mengayuh sesantai mungkin selama 1 menit kalau kurang bisa 1 menit 30 detik. Namun ingat latihan ini harus menyesuaikan kondisi fisikmu, ya.

Baca Juga: Mau Gowes Jangan Cuma Mengecek Sepeda, Perhatikan Juga Isyarat Tubuh

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya