Comscore Tracker

X-MAX Jadi Salah Satu Motor Ekspor Andalan Yamaha Indonesia

Angka ekspor motor Yamaha tiap tahun meningkat

Jakarta, IDN Times - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memproduksi 1,5 juta motor untuk diekspor. Angka ini menjadikan Yamaha sebagai produsen motor di tanah air dengan produksi ekspor tertinggi. 

1. Kandungan lokal motor ekspor 94 persen buatan dalam negeri

X-MAX Jadi Salah Satu Motor Ekspor Andalan Yamaha IndonesiaIDN Times/Fitang Budhi

Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di industri sepeda motor Indonesia.

“Dalam kurun waktu 4 tahun, kami berhasil meningkatkan 14,7 kali lipat ekspor dengan kandungan lokal 94 persen, menghasilkan surplus perdagangan sebesar Rp 11,8 triliun atau 813,6 juta dolar Amerika pada tahun 2018 ini,” ujar Vice Executive President dan COO PT YIMM Dyonisius Beti, Senin (3/12).

Baca Juga: Yamaha Ekspor 1,5 Juta Unit Motor, Jokowi Janji Permudah Investasi

2. XMax jadi motor andalan ekspor Yamaha Indonesia

X-MAX Jadi Salah Satu Motor Ekspor Andalan Yamaha IndonesiaIDN Times/Fitang Budhi

Ia menyebut bahwa pada tahun 2018 ini perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338 ribu unit dan 5,3 juta Complete Knock Down (CKD) set. Sementara itu, tipe kendaraan yang paling banyak diekspor dikatakan Dyonisius adalah kendaraan automatic yaitu Xmax. Namun, Dyon tidak menyebut berapa angka pasti ekspor motor 250 CC tersebut.

“Hasilnya produksi sepeda motor karya anak bangsa Indonesia diakui dunia. Kami dipercaya untuk memproduksi beberapa Global model seperti motor sport R seri dan motor automatic MAXI seperti Xmax dan Nmax untuk dipasarkan ke seluruh dunia,” terangnya.

3. Motor Yamaha Indonesia mulai mendunia

X-MAX Jadi Salah Satu Motor Ekspor Andalan Yamaha IndonesiaIDN Times/Fitang Budhi

Nantinya jenis-jenis sepeda motor buatan Yamaha Indonesia tersebut akan diekspor ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia. Yang membanggakan, Indonesia sebagai  penghasil sepeda motor best seller yang telah dikenal di seluruh dunia. 

“Ini kisah nyata, bulan lalu saya ke Barcelona dalam bisnis trip. Saya lihat begitu banyak motor Maxi Indonesia di jalanan, dan begitu sopir tau saya dari Yamaha Indonesia, dia sampaikan sedang menabung untuk membeli motor Xmax sebelumnya Nmax. Dia senang dan puas dengan kualitas tinggi motor produk Indonesia,” ujarnya. 

4. Yamaha Indonesia berencana akan ekspor motor 300 CC

X-MAX Jadi Salah Satu Motor Ekspor Andalan Yamaha IndonesiaIDN Times/Fitang Budhi

Selain itu ia juga mengatakan, Yamaha Indonesia telah dipercaya untuk memproduksi motor besar dengan kapasitas 300 CC. Pemerintah juga sedang berwacana untuk meninjau ulang peraturan agar produksi motor Indonesia dengan kapasitas 300 CC tidak dikenakan pajak penjualan barang mewah sehingga semakin mendukung daya saing produk buatan Indonesia.

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang,” harapnya.

“Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global. Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia,” sambungnya.

Baca Juga: Yamaha Freego Dibandrol Rp 18,5 Juta, Ini Deretan Kelebihannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You