Comscore Tracker

Cerita Fathur Menyulap Minion Bekas Jadi Berkelas, Ternyata Gak Mahal!

Karena sepeda keren itu gak harus mahal

Jakarta, IDN Times - Di antara tren sepeda, ada satu sepeda yang kehadirannya menarik perhatian goweser, yakni Minion. Bentuknya yang unik dan harganya yang relatif murah membuat sepeda satu ini jadi barang buruan.

Sepeda minion merupakan hasil modifikasi dari sepeda mini. Sepeda tersebut kemudian dihias berbagai aksesori hingga akhirnya berubah menjadi sepeda sultan atau sepeda mewah. 

“Kita harus selektif milih rangka, karena banyak rangka dengan harga segitu tapi keropos,” kata Fathur (25 tahun) menceritakan pengalamannya merakit sepeda minionnya kepada IDN Times, Kamis (15/10/2020).

Ia mengatakan harga frame minion bekas bervariasi. Ada yang menjual Rp300 ribu dan ada yang membanderolnya di atas Rp500 ribu. Kualitas rangka akan sangat menentukan harganya. 

1. Mencari aksesori jadi tantangan

Cerita Fathur Menyulap Minion Bekas Jadi Berkelas, Ternyata Gak Mahal!Ilustrasi aksesoris sepeda minion (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Membangun minion dari bahan menjadi sepeda berkelas itu punya kepuasan tersendiri, loh. Fathur misalnya membangun sepeda minionnya selama dua bulan. Selama periode tersebut ia asyik berburu aksesori sepeda.

“Karena gak gampang mendapatkan barang yang murah dan bagus. Misalnya nyari warna gold sesuai warna yang kita proyeksikan, tapi harganya mahal, akhirnya ganti warna lain,” katanya.

Fathur mengatakan dirinya berburu aksesori minion di marketplace. Di sana banyak pilihan, tinggal disesuaikan saja dengan budget yang telah kamu tentukan agar hasilnya maksimal.

“Tapi hati-hati juga, cari produk yang sudah terjual banyak, liat review pembeli, dan hubungi penjual sebelum memesan,” katanya.

Baca Juga: Mau Merakit Sepeda Minion? Tiga Merek Frame Ini Bisa Jadi Pilihan

2. Mengubah frame tua jadi kekinian

Cerita Fathur Menyulap Minion Bekas Jadi Berkelas, Ternyata Gak Mahal!Rangka Phoenix ukuran 20 (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Fathur mendapatkan rangka monion merek Phoenix dengan harga Rp350 ribu. Namun rangka tersebut masih berupa bahan dan karenanya perlu dimodifikasi dengan mengelas dudukan rem cakram pada garpu sepeda dan melubangi rangka untuk jalur kabel.

“Biaya las dudukan sama buat ‘inner cable’ Rp25 ribu,” katanya.

Setelah modifikasi kelar, ia lalu mengecat frame tersebut dengan warna seleranya. Memilih warna juga memerlukan referensi khusus biar budget murah.

"Saya pakai satu warna, biaya ngecatnya Rp250 ribu. Itu sudah terima beres,” kata dia.

Proses modifikasi rangka dan pengecatan dilakukan dalam waktu dua hari. Setelah itu ia kemudian membawa frame tersebut beserta komponen sepeda lainnya untuk dirakit di bengkel sepeda.

Biaya rakit ini variatif, tergantung tingkat kesulitan. Untuk minion bisa dibilang gampang-gampang susah saat memadupadankan komponen sepeda ke rangka tua.

“Misalnya masang bottom bracket (BB) crank, biasanya ulir dalam rangka sudah karat jadi makan waktu di situ untuk mengakalinya. Untuk biaya rakit saya bayar Rp100 ribu,” katanya.

3. Menciptakan kayuhan empuk seperti sepeda baru pabrikan

Cerita Fathur Menyulap Minion Bekas Jadi Berkelas, Ternyata Gak Mahal!Ilustrasi komponen sepeda minion (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Untuk mendapatkan spesifikasi sepeda minion yang maksimal dan ‘safety’, Fathhur menggunakan komponen yang bagus meski di seri yang gak terlalu bagus. Misalnya rem hydrolic, ia menggunakan merek Zoom seri HB-875 dengan harga Rp500 ribuan. Merek ini terbilang murah dibanding rem hydrolic lainnya seperti Shimano.

“Cukup gigit, proporsional buat minion yang gak bakal dibawa buat turun gunung,” katanya.

Untuk kenyamanan mengayuh, Fahtur menggunakan grupset 9 speed untuk menaklukkan tanjakan. Dipadukan dengan crankset hollotech Litepro 56T, membuat enteng saat mengayuh minion.

“Kaya sepeda keluaran pabrik, serba empuk,” ujarnya.

Grupset yang dipakai Fathur terdiri dari sproket ZTTO golden 9 speed dengan harga Rp320 ribu, shifter dan rear derailleur (RD) XSLR-8 Rp360 ribu.

4. Berikut komponen yang dipakai lengkap dengan harganya

Cerita Fathur Menyulap Minion Bekas Jadi Berkelas, Ternyata Gak Mahal!Sepeda Minion. IDN Times/Muizzu Khaidir

Hub: Raze jangkrik Rp625.000
Rims: EDGE 451 Rp650.000
Pedal: Litepro Rp183.000
Sproket: ZTTO Rp320.000
Rante: Ship Fast Rp170.000
Crankset: Litepro Rp760.000
Rem: Zoom Rp506.000
Ban luar: Kenda 20X1 3/8 Rp292.000
Ban dalam: Kenda 20x1 3/8 Rp140.000
RD+Shifter: XSLR-8 Rp360.000
Jari-jari: Rp88.000
Jok: Vertu Rp61.000
Stang dan stem: Rp135.000
Seatpost bengkok 25.4: Rp55.000

Jika diakumulasikan, Fathur merogoh kocek Rp5.683.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya jasa bengkel dan aksesori pelengkap lainnya. Gimana, tertarik merakit minion?

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Irfan Fathurohman
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya