Comscore Tracker

Biker Skutik Minggir Dulu, 3 Sensasi Motor Kopling Ini Bikin Kangen

Yang kangen motor kopling silakan masuk!

Jakarta, IDN Times - Ada yang masih ingat Honda Tiger? Yup, motor kopling satu ini pernah hits banget pada era 2000-an. Saat itu populasi Tiger begitu banyak sehingga kerap dijuluki raja jalanan. Komunitas motor dari pabrikan sebelah sayap ini juga sangat eksis.

Tapi Honda Tiger kini seolah punah disapu gelombang motor-motor matik. Beberapa motor berkopling lain bernasib serupa, seperti Suzuki Thunder, Yamaha Scorpio, serta Yamaha Vixion. Motor-motor kopling yang dulu mendominasi jalanan kini terpinggirkan.

Sebab motor matik menawarkan kepraktisan yang sulit ditawar. Apalagi jalanan kini semakin macet, semakin menyiksa para penunggang motor kopling. So, jangan heran kalau skuter matik semakin menggila. 

Tapi ada sensasi motor kopling yang gak akan kamu temui di motor matik. Apa saja sensasi tersebut?

1. Engine brake

Biker Skutik Minggir Dulu, 3 Sensasi Motor Kopling Ini Bikin Kangenpexels.com/Nikolai Ulltang

Kalau kamu naik motor kopling, kamu bisa merasakan sensasi engine brake. Engine brake adalah teknik menurunkan kecepatan dengan cara memindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah.

Teknik ini biasanya dilakukan saat akan melahap tikungan. Sensasinya benar-benar mengasyikkan. Nah, sensasi inilah yang selalu dirindukan para pencinta motor kopling yang kini hijrah ke motor matic

Oya, engine brake juga bisa meringankan beban pengereman motor. Sebab, untuk menurunkan kecepatan, biker motor kopling tak harus menekan tuas rem. Engine brake ini sangat berguna ketika kamu melintas di turunan.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Perawatan Motor Kopling

2. Bleyer tuas gas

Biker Skutik Minggir Dulu, 3 Sensasi Motor Kopling Ini Bikin KangenUnsplash/Jan Starek

Kalau kamu naik motor kopling, kamu bisa memainkan tuas gas. Pertama tarik lalu tahan tuas kopling, masukkan gigi, lalu mainkan tuas gas. Biasanya teknik ini disebut bleyer.

Konon teknik ini bisa dilakukan untuk membersihkan kerak pada mesin dan knalpot, Tapi jangan sering-sering membleyer ya, sebab suara knalpotnya pasti akan mengganggu sekitarmu.  

3. Sensasi memindahkan gigi

Biker Skutik Minggir Dulu, 3 Sensasi Motor Kopling Ini Bikin KangenUnsplash/Harley-Davidson

Motor kopling memberikan kontrol sepenuhnya pada biker. Kamu bisa memindahkan gigi kapan pun kamu suka. Kamu, misalnya, bisa memindahkan gigi di putaran mesin rendah agar laju motor lebih lembut. Tapi kamu juga bisa memindahkan gigi di rpm tinggi untuk mendapatkan tenaga mesin di putaran atas. Sensasi ini gak akan kamu temukan di skuter matik.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya