Comscore Tracker

Karakter Mobil dan Jenis Sepeda, Mana yang Kamu Banget?

SUV itu mirip MTB

Jakarta, IDN Times - Seperti mobil, sepeda pun banyak jenisnya. Masing-masing jenis memiliki kekurangan dan kelebihan. Karena itu, ada baiknya mengenali jenis sepeda sebelum membelinya.

Nah, berikut jenis-jenis sepeda yang kami asosiasikan dengan jenis-jenis mobil biar lebih gampang memahaminya. Cekidot, ya!

1. Mobil sport itu seperti road bike

Karakter Mobil dan Jenis Sepeda, Mana yang Kamu Banget?unsplash.com/Mpho Mojapelo

Mobil sport identik dengan kecepatan. Karena itu kalau kamu suka ngebut atau gaspol, kamu bisa memilih sepeda jenis road bike. Sebab sepeda jenis ini dirancang sedemikian rupa untuk mengejar kecepatan.

Bahan rangka road bikes umumnya terbuat dari aluminium atau karbon. Kebanyakan road bikes dilengkapi dengan setang handlebar, ban yang tipis, dan desain rangka untuk postur bersepeda yang agresif.

Rata-rata pengendara road bikes bisa melakukan perjalanan dengan kecepatan rata-rata antara 25-35 kpj di jalan raya tanpa lalu lintas.

Baca Juga: Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Sepeda Gravel dengan Road Bike

2. SUV itu seperti sepeda gunung

Karakter Mobil dan Jenis Sepeda, Mana yang Kamu Banget?unsplash.com/ Patrick Hendry

Sepeda gunung memiliki tampilan visual dan  penggunaan yang mirip dengan Sport Utility Vehicle (SUV). Sepeda gunung tampil lebih 'berisi', memiliki ban gemuk, dan ground clearance yang baik.

Sepeda gunung dirancang untuk digunakan di medan yang berat mulai dari jalan tak beraspal dan jalur berkerikil. Jenis sepeda ini dirancang khusus untuk menghadapi semua jenis medan dan gradien, serupa dengan SUV yang memiliki kapabilitas di medan off-road.

3. Hatchback seringkas sepeda lipat

Karakter Mobil dan Jenis Sepeda, Mana yang Kamu Banget?www.inceptivemind.com

Jika sepeda lipat adalah mobil, ia akan berbagi kesamaan dengan mobil hatchback. Filosofi desain sepeda lipat adalah membantu penggunanya melakukan perjalanan jarak pendek di lanskap perkotaan.

Sepeda lipat punya fitur unik yang mana ia bisa menjadi begitu ringkas dan bisa dibawa dengan mudah menggunakan berbagai moda transportasi.

Fleksibilitas sepeda lipat ini juga menghemat ruang penyimpanannya. Ini karakteristik yang juga bisa ditemukan pada mobil hatchback. Bentuk compact dari hatchback lebih memudahkan pengendara untuk menemukan tempat parkir.

Baca Juga: 3 Sepeda Lipat Ini Harganya di Bawah Rp5 Juta! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya